Baca Blog Orang

Baca Blog Orang

Bulan Desember 2013, genap 10 tahun saya ngeblog. Dari blog saya memperoleh banyak teman baru, bahkan ada yang sudah sedemikian dekatnya sampai saya anggap keluarga sendiri. Dari blog saya memulai bisnis online, bahkan sampai diliput beberapa media cetak dan 3x masuk TV. Dari blog saya memberanikan diri nyemplung ke dapur untuk mencoba resep masakan yang tayang di blog orang lain, bahkan saya nekat ikut kursus dekor kue dan berjualan kue hias.

Perubahan dalam gaya tulisan di blog ini dan bagaimana saya menyikapi hatters, pernah saya tulis diΒ sini.

Tergelitik dengan tulisan Sondang, membuat saya jadi gatel pingin nulis tentang bagaimana saya membaca blog orang lain.

Saat berkunjung ke blog orang untuk pertama kali, biasanya saya melakukan:

    • Klik ABOUT

Sebelum baca postingannya, saya cari tau dulu pemilik blog dengan klik halaman ABOUT. Biasanya pemilik blog menulis secara singkat deskripsi dirinya, bahkan banyak juga yang pajang fotonya. Saya melakukan ini supaya lebih nyaman baca tulisannya, karena dari deskripsi dan foto diri … kita bisa sedikit mengenal si penulis alias pemilik blog tsb.

    • Baca mundur

Saat pertama kali ke blog orang, saya gak cuma baca postingan terakhir saja. Tapi biasanya saya baca mundur beberapa postingan terakhir. Kalau memang lagi santai dan ada waktu luang, biasanya saya suka bongkar-bongkar arsip postingan terdahulu. Saya hanya berusaha mengenal jauh lebih dekat dengan pemilik blog dengan membaca banyak postingan lama. Setidaknya saya jadi ngikutin cerita hidupnya dan bisa nyambung dengan postingan terakhirnya. Apalagi kalo di satu postingan ada link ke tulisan sebelumnya atau link ke blog orang lain, wajib saya klik tuh. Supaya saya paham secara keseluruhan tentang isi posting tsb.

    • Ninggalin komen

Kalo udah tau tentang pemilik blog dan paham isi postingannya, baru saya berani ninggalin komen. Hal ini sebagai bukti bahwa saya sudah berkunjung ke blog nya. Bersyukur kalo pemilik blog melakukan kunjungan balik ke blog kita di kemudian hari. Dengan sering komen-komenan, siapa tau kita bisa kenalan dan lanjut dengan pertemanan. Walau mungkin belum atau tidak pernah bertatap muka secara langsung, karena kondisi jarak dan waktu.

Kadang udah kenal sama si pemilik blog dan udah rajin berkunjung ke blog nya. Suka lupa ninggalin komen di postingan terbarunya, karena berasa “gampang lah ntar SMS/wasap/BBM langsung aja ke orangnya“. Kadang koneksi internet nya lagi byarpet. Keseringan sih blogwalking pake henpon di perjalanan kereta, agak ribet ngetik komen panjang di touchscreen. Etapi begitu di depan laptop, lupa berkunjung ke blog itu lagiΒ untuk sekedar ninggalin komen.

dehenponan

Kadang saya gak berani ninggalin komen juga sih di blog orang. Suka mikir panjang sebelum komen. Suka minder duluan sebelum komen. Terutama blognya para seleb (bukan hanya blog selebritis atau public figur, tapi juga para blogger yang punya ribuan pengikut dan ratusan komen) dan blogger luar. Menjadi silent reader lah saya.

Gak cuma Sondang, Vera juga pernah mengajukan pertanyaan serupa walo orang yang ditanya mungkin berbeda:

De kan ngeblog udah lama, kenal si X gak? Gw rajin ke blog dia dan ninggalin komen. Tapi kok dia gak pernah berkunjung ke blog gw yah? Sementara gw pernah liat dia komen di blog orang lain

Taunya dia gak berkunjung ke blog kita gimana?

Pasti karena si X gak ninggalin jejak alias komen di postingan kita kan?

Belum tentu juga si X gak ke blog kita sih. Bisa jadi X sering baca blog kita. Dan pasti X juga punya alasan kenapa dia gak pernah ninggalin komen di blog kita. Entah karena siΒ X gak suka sama tulisan kita, atau si X ini minder ama kita, atau si X ini takut komennya SKSD atau malah nyinyir, atau memang si X gak pingin kenal lebih dekat dan berinteraksi dengan kita.

Seperti kata Sondang, menjadi silent reader itu HAK setiap manusia. Jadi yaaa biarin aja kalo orang gak ninggalin komen di blog kita. Gak usah dipikirin, gak usah sensi, gak usah khawatir. Santai ajaaaa.

Balik lagi ke tujuan kita ngeblog itu untuk apa?

Saya sih selalu berusaha menancapkan pikiran “Blog itu luapan isi hati dan pikiran juga pengingat bagi diri sendiri. Blog itu sarana bagi diri saya untuk buang stress dari kegiatan rutin harian. Saya gak boleh pamrih saat nulis postingan ataupun saat ninggalin komen di blog orang lain. Jangan berharap orang lain akan komentar di setiap postingan yang saya tulis. Jangan berharap orang lain berkunjung ke blog saya, setelah saya ninggalin komen di blog mereka. Kalo postingan kita banyak komentar, blog kita banyak pengunjung, kita bisa dapat teman dari blog …. yaaa itu BONUS namanya. Harus bersyukur aja. Cukup kok. Gak usah mikir yang aneh-aneh

Walo emang sebel sih saat ada orang ngimel menanyakan sesuatu dari tulisan di blog kita, trus setelah dijawab … yang kirim email ini no response at all. Manusiawi kok. Saya juga sering ngalamin dan ngerasain yang sama *toss ama Sondang*.

Memang kesal dibuatnya, tapi coba liat sisi positifnya. Berarti blog kita ada yang baca toh? Hihihihi *mencoba lapang dada dan sok bijaksana*

Di sini saya juga mohon maaf kalo saya jaraaaannggg banget balesin komen2 di setiap postingan. Tapi saya mewajibkan diri berkunjung balik ke blog orang lain yang sudah ninggalin komen di sini loh. Nah seringnya saya menjawab pertanyaan orang itu di blog saya, saat saya meninggalkan komen di blog mereka. Gak mau repot ceritanya, alias malas sebetulnya *siap dilempar panci atau disambit batubata*

Ini pelajaran untuk saya juga sih, untuk lebih rajin balasin komen yang masuk. Sekali lagi maaf yaaaa.

Untuk mereka yang memutuskan menjadi Silent Reader blog ini, terima kasih yaaa sudah baca tulisan-tulisan saya.

Untuk mereka yang berbaik hati meninggalkan jejak dan memberikan komentar di blog ini, makasih banget atas kunjungannya dan mari kita jalin pertemanan lebih dekat dengan saling berkomentar. Setidaknya ini jadi ajang ngobrol kita secara tidak langsung kan yah?

Share this...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

57 thoughts on “Baca Blog Orang

  1. mungkin kalau jadi silent reader di blog salah satu orang itu karena gak tau mau komen apa kali yah.. Walaupun, di blog yang lain org tersebut bisa ninggalin komen, bisa jadi karena isi post-nya, pribadi yg empunya blog.. hehe

  2. Yes. I am your silent reader mbak De….aku orang yg suka membaca tapi males menulis…jadi seneng banget bisa mbaca blog2 nya temen2 baru yg kenalan di Ig..banyak banget pengalaman dan cerita bagus..malah resep kue yg dr blog mbak de juga aku praktekin..hehhehee.suwun mbak..pengen banget juga bisa jago nulis kayak mbak dan blogger2 lain…

  3. Mba Deeeeee. Kudu banyak belajar dari dirimu. Sungguh blogging memangs angat menyenangkan ya. Agak terhenyak kalo baca seleblog nulis gini:
    “Gegara ada yang berkunjung ke sini trus gw jadi kudu berkunjung balik ke mereka demi sopan santun though i dont like their writing. Blogging jadi ga menyenangkan dong buat gue”
    Baca itu gimanaaa fitu rasanya, meskipun dia ngerasain memang seperti itu menurut saya better ga usah ditulis, yaudahsih kalo dia ga suka berkunjung balik ya gapapa, toh meskipun dia ga berkunjung balik kan si pengunjungnya suka sama tulisannya dia. Eh setelah itu dia tutup kolom komennya. Haiisshhh. *saya curcol banget ini ya. Hahahaha.

    1. siapa dan? penasaran hahaha *koq lebih penasaran ama yg beginian sih hihihi*

      @Deeee…………..aku kalo BW udah pasti masalahnya adalah komen dari hp/tab itu sering gak nyangkut huhu. Bencik banget manalah lagi diMedan ini mati lampu ga abis2 jadilah udah terbaca ilang deh bloglovin trus kelewatan huhu. Kalo gak balesin komen biasanya dari postingan lama karena tenggelam gitu huhuhuhu *banyak alasan yaaa* tapi sebisa mungkin aku usahain sih komen di blog yg mengunjungi blog aku dan balesin komen. mesti belajar banyak nih

  4. tadinya sih silent reader, tapi karena pajang foto di sampokong jadi nggak tahan buat nggak komen πŸ˜€
    salam kenal dari penghuni semarang ya mbak πŸ™‚

  5. bener banget kalo tulisan kita banyak yang komen berarti bonus buat kita.

    Pernah mikir juga kok gw udah komen ke blog tetangga tapi dia gak balik komen ke blog gw? hehehe…cemen banget ya pikiran gw… tapi balik lagi tersadar, ya gak masalah kalo dia gak mau balas mengunjungi/komen ke blog gw, toh itu hak dia. Dilarang sensi πŸ™‚
    makanya sekarang gw lebih santai, mau komen monggo…gak juga gak papa πŸ™‚
    yang penting gw ngeblog jalan terus. Hidup ngeblog….. :p

  6. Ngeblog itu emang nyenengin ya de, terbukti kita masi eksis ngeblog walopun postingnya jg yaaa seenggaknya sebulan sekali sih ya. Februari ini aku genap 9 th ngeblognya. Kadang mikir, kok aku baru tau blognya de pas tahun 2009 apa 2010 yaaa…kemana aja aku selama ini hihihi soalnya tulisannya de enak dibaca dan banyak info2 yg bermanfaat. Eh tapi kita kan pernah kopdaran ga sengaja ya waktu itu walopun kita belom saling kenal dan ga saling ngobrol hihihi…klo inget kejadian itu, jd pengen ketawa.

    Senengnya saling kunjung mengunjungi itu bahkan berlanjut ke wa, ym, sms, bbm, jadi kalo salah satunya udah hiatus dr perblogan, kita masi tetep keep in touch, gitu loh de. Aku sih suka banget kalo sampe berlanjut ke selain blog. Makanya kalo aku pengen chatt ama orgnya lebih personal sementara dia sndr selama 3 th ga pernah ninggalin komen sebiji pun di blogku, aku jd ragu2 kalo mau ajakin ngobrol ato misal kopdaran pas aku lg di daerah rumahnya.

  7. Hahaha, De… Aku suka komen disini, tapi bukan karena kamu suka komen di blogku loh ya. Lebih karena aku emang suka caramu menceritakan sesuatu aja… πŸ™‚
    Betul. Kunjungan dan komen balik dari blogger yang suka kita kunjungi itu bonus. Aku juga ada kok beberapa blogger yang tak pernah komen di blogku (bahkan di IG pun dese tak follow balik) cuma ya tak kuanggap personal. Wong udah konsekuensi, kalo kita suka (baca) blog orang, jangan maksain ybs suka juga sama blog (atau IG) kita, ya kaaannn..? πŸ™‚ *kok jadi curcol* LOL

    1. Satuju tu sama mba bagindaratu, aku juga suka cara ceritanya mba De. Hehe.. aku juga suka jadi silent reader. Seringkali sih karena pake opera mini dan gabisa ninggalin komen. Mikirnya nanti mau ninggalin komen kl buka pk browser tapi suka lupa. Heuheu..

      1. iya kita memang gak bisa maksa orang utk suka ama blog kita ataupun ninggalin komen.

        makasih loh, udah pada rajin mampir kesini

        *peluk 1-1*

  8. aku dulu juga lamaaaa bgt jadi silent rider di blog mba de, soalnya tulisannya asik. cerita karir, hobi sama keluarganya pun ditulis apa adanya enggak lebay. apalagi setelah ketemu orangnya langsung, memang ramah bgt orangnya.

  9. hihihi setujuu…kalo banyak yang berkunjung ke blog kita dan ninggalin komen itu bonus namanya ;))

    aku juga berusaha untuk kunjungan balik ke mereka yang udah ninggalin komen di blogku. Untuk nambah2 temen dan saling silahturahmi kan.. ;))

  10. wuiii gua juga paling sebel lho ama orang yang nanya2 lewat email, trus udah dijawab panjang lebar, trus gak ada basa basi nya bilang thank you kek… emang orang2 pada gak ada etika nya ya… πŸ˜›

  11. Aku kalau baca blog orang biasanya juga suka baca mundur, Mbak De πŸ™‚ Misalnya saya baru tahu link seorang blogger, terus pas saya buka dan baca posting-posting terbarunya (biasanya 2-3 posting terbaru), kemudian merasa tertarik dengan cerita-cerita dan cara penyampaiannya, pasti langsung deh saya buka bagian arsipnya, terus baca dari cerita pertama blognya πŸ™‚

    Waktu tahu blog Mbak De pertama kali juga kayak di atas tuh ceritanya πŸ™‚

  12. aku juga klo lagi ada waktu luang sukanya ngubek2 blog orang, baca postingan2 lamanya :p hehehe, kaya kmrin2 jadi ngikutin kisah travelingnya mba De *trus ngiler pingin pergi2*

  13. Hihihihi dulu pernah merasa gt mba De, misalnya aku sering bgt ninggalin komen di blog nya si A trs si A ini ga pernah komen di blog ku dan si A ini terlihat wara wiri di blog org. Ada perasaan mangkel sih tp setelah dipikir2, ngapain jg dipikirin, toh klo mrk ga mau komen di kita masa kita mau paksain.. yoi ga hahaha *nyenengin hati*

  14. aku ngaku deh….. kalau ada blogger2 baru yang komen ke tempatku gak bisa selalu kukunjungi balik langsung…. lha…daftar di feedly aja suka terbengkalai, hik! harusnya aku berguru sama ko Arman yang pinter bgt bagi waktu πŸ™‚

  15. Kalau aku sih gak masalah, gak dikunjungi balik juga gak apa2 De. Niatnya jalan2 trus baca postingan kalau aku mau komen tapi biasanya aku gak komen kalau mengenai agama dan sejenenisnya yang aku gak sreg. Tapi bukan berarti aku gak komen di postingan selanjutnya

  16. hahahaha,,aku kalo berkunjung ksini skali baca dirapel….uda jarang bisa blogwalking niy…jadi kalo mau baca sehari 1 blog…tapi banyak yg dibaca,,cuma gak ninggalin komen juga…hehehehe

  17. Sama kayak IG atau twitter ya, kalau kita follow orang brarti kita yg menutuskan sendiri ngikutin setiap postigannya, bkn maksa minta di followback. Kalo org itu follback tanpa diminta, nah alhamdulillah kan ya^^
    Kan malesin kalo di timeline ada fot/twit yg “mengganggu” kita dr org yg maksa minta folkback itu. Mau unfollow, nanti malah runyam pula hahaha

  18. Aku kalo merasa udah klik, dan akhirnya berani komen, jadi suka gak puas kalo belum ninggalin komen πŸ˜€

    Keep calm dand keep blogging in peace yaa mbak πŸ˜€

  19. Tos dulu aaah bunda πŸ™‚

    saya juga kalau baca blog orang, pasti yg pertama di baca adalah enu “about” sama halnya seperti bunda, saya mau tau siapa sih pemilik blog hihihi.. kemudian yang kedua “baca mundur” kalau saya penasaran sama isi blog secara keseluruhan kadang kalau ada yang udah laaaamaaa bangeet ngeblog ( kalau lagi ada waktu luang bangeet and rajin bangeeet hehehe ) saya baca potingan awal dan tahun pertama hehehe *kepooo bangeeet* :))

    selanjutnya iiih sama bangeet deh sama bunda hehehe saya baru deh ninggalin jejak, nah, kalau “blog seleb” saya juga mikir2 utk ninggalin koment,. Takut garing komentnya πŸ™‚

    maaf ya bun, di blog-ku nggak ada page “About me”-nya .. masalah personal… tapi bunda oneday bisa tau kok siapa si empunya blog ini hihihihi .. yg pasti orangnya manis hihihi :))

  20. qiqiqii akupun mengalami, pernah ada yg kirim email tanya2 lebih lanjut karena postingan di blog, pas sudah dijawab eaa ga ada respon balik lagi, sekedar say thank u kek…penasaran aja, balasan kita sudah di baca apa belum sih sebenarnya.

  21. Noted. MbaDe aku suka banget pas bagian nulis blog itu ngga boleh pamrih. Dan itu yang aku selalu camkan pada diri sendiri. Jadi kalau kita BW ke blog X dan si X ngga BW balik, ya udah ngga usah marah atau tersinggung yaaa…. :)))

  22. hehe, saya juga kadang jadi silent reader di blog orang2 tertentu mas πŸ˜€
    itu adalah hal biasa
    kadang ada malah blog yang emang ga ngebolehin orang lain komentar, alias ga ada kotak komentarnya

  23. Mba de..aku ikut ngacung, selama ini jd silent reader disini..takut kalo disangka sksd plus gak punya blog tapi suka bacanya.hehehe..btw,salam kenal ya mba..

  24. Mba De udah baca halaman About milik saya, Kan? Wuahahha

    Ayyee, setidaknya dg blogwalking kita akan mndpt pengetahuan baru ya, Mba De. Dan seterah mrka mau brknjung balik ato kagak.

    Silaturrahim ala BW tuh asiik. πŸ˜‰

  25. Menikmati saat blogwalking seperti ini Jeng De, ada saat komen kadang tanpa pesan. Tulisan kita dibaca sungguh senang, tanpa pesan tidak masalah, komen sahabat bagian dari bonus.
    Salam persahabatan

  26. Sama kayak De.. aku juga kalo baca blog seseorang juga bacanya mundur, biar lebih kenal sama orang yang nulis… urusan komen juga kadang ada yang lamaaa dibaca baru berani komen
    Sama De termasuk yang cepet komen.. mungkin karena De banyak menginspirasi… ^_^

  27. baru nemu blog ini & langsung baca, trus berasa kena banget di aku (sering baca bog orang tp jarang ninggalin jejak) alasannya karena takutnya dikira SKSD. Eitss komen di blog nya mba nggak dikira sksd kan. hehe..
    salam kenal mba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *