Bicara Gizi Bersama Masako Di Dapur Umami

Bicara Gizi Bersama Masako Di Dapur Umami

Rabu tanggal 8 November 2017, saya diundang ke kantor Ajinomoto di daerah sunter bersama dengan beberapa MomsZamanNow untuk menghadiri acara Bicara Gizi Bersama Masako.

F7D60DE2-463D-43BA-9043-4AEDC75D4E64

Mendengar kata AJINOMOTO, banyak yang berkomentar “elo ngapain ke pabrik micin, de?

Memang di Indonesia, micin itu dianggap sebuah benda yang mengerikan yang konon katanya bisa menyebabkan penurunan kerja otak alias menimbulkan kebodohan.

Sampai ada istilah #AnakMicin jika seseorang kurang tanggap saat diajak diskusi tentang sesuatu, alias LEMOT (lemah otak) atau LOLA (loadingnya lama).

Jadi sebenarnya apa sih yang disebut MICIN?

Tak lain dan tak bukan adalah MSG (Mono Sodium Glutamate).

MSG ini mengandung ASAM GLUTAMAT atau biasa disebut ASAM AMINO yang sebenarnya dibutuhkan oleh mahluk hidup sebagai penyusun protein.

Asam Glutamat ini sendiri terkandung di dalam sumber makanan alami di antaranya: tomat, ikan, daging merah, ayam, jamur, brokoli, keju dan susu (termasuk ASI).

Komposisi MSG itu terdiri dari:

  • 78% Asam Glutamat
  • 12% Natrium
  • 10% Air

MSG aman digunakan SECUKUPNYA atau 0,2-0,8% dari volume makanan yang dikonsumsi. Kita menambahkan MSG saat memasak sebagai PENGUAT RASA, bukan sebagai bumbu utama … karena itu gunakan secukupnya saja.

MSG dinyatakan aman oleh lembaga berwenang seperti JECFA (FAO/WHO), USFDA dan BPOMRI. Sampai saat ini belum ada bukti ilmiah sahih yang menyatakan bahwa baik MSG ataupun metil paraben dapat merusak usus, lever ataupun sakit maag

Jadi cukup jelas kan?

7725BDBC-19C4-4D5D-8ED4-D0C5D45E33AD

Sekarang mari kita lanjut masuk ke dalam DAPUR UMAMI.

Di tempat ini lah tim dari PT. Ajinomoto meracik menu masakan yang biasanya kita temukan pada bungkus beberapa produknya. Di dapur ini juga mereka membuat video yang diunggah pada Youtube Channel : DAPUR UMAMI. Jujur dari video-video mereka lah, saya berani terjun ke dapur dengan percaya diri. Karena saya tinggal mengikuti resep dan panduan yang diberikan sesuai dengan stok bahan di dapur, tanpa pusing memikirkan menu harian.

7E907BA5-5D14-4F10-9AEF-B81EBF6BD2E9

Saya agak terhenyak melihat jajaran produk di Dapur Umami. Ternyata selain Masako bumbu kaldu penyedap, PT Ajinomoto Indonesia (produsen penyedap rasa Ajinomoto dan Masako) memproduksi juga bumbu penyedap lainnya yaitu:

  • AJI-NO-MOTO “penyedap rasa”
  • Sajiku “bumbu praktis siap saji”
  • SAORI “bumbu masakan Asia”
  • Mayumi “mayonanaise yummy”
  • Delito “saos pasta”

Baru tau kalo mereka 1 grup, padahal sering pakai Sajiku dan Saori loh!

BCEE29C1-47C9-480D-B98B-5E79B6F774BC

Hari itu dipandu oleh MC yang kocak yaitu mas Ridho, beberapa pembicara yang mengisi acara di antaranya:

  • Brand Manager Masako, Ibu Yani yang membuka acara dan memberi sambutan
  • Section Brand Manager, Ibu Eurli Asria yang menjelaskan tentang product knowledge Masako
  • PR Manager Ajinomoto, Bapak Harris yang membahas tentang MSG Safety

85EF5582-2FC4-4989-8D8F-8E94B93D767D

Dilanjutkan oleh seorang Ahli Gizi dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia bernama Dr (c) Rita Ramayulis, DCN, M.Kes yang membahas tentang Strategi Penurunan Berat Badan Anak Gemuk.

Dokter Rita ini kece banget ya … usia 47thn dan memiliki 4 orang anak loh. Badannya masih singset abis.

Beliau menjadi panutan MomsZamanNow sebagai bukti nyata kalau usia bertambah dan memiliki anak banyak bukan menjadi alasan ibu-ibu menjadi gemuk.

Berat badan ideal itu bukan hanya dilihat dari angka yang ditunjukan oleh jarum timbangan, tapi sebenarnya Berat Badan Ideal = KESEIMBANGAN ANTARA KONSUMSI MAKANAN DENGAN AKTIVITAS yang kita lakukan sehari-hari.

Beberapa poin penting yang saya catat dari pemaparan beliau, kalau punya anak gemuk atau obesitas, sebaiknya cek dulu deh penyebabnya. Karena bisa jadi:

  • Penambahan berat badan ibu hamil mempengaruhi jumlah lemak janin, jadi kalau bisa jaga diri saat hamil jangan sampai naik berat badan lebih dari 16 kg.
  • Susu formula mengandung lemak yang lebih tinggi, karena itu bayi usia 0-6bln yang diberi susu formula punya resiko obesitas lebih besar.
  • Pemberian makanan padat terlalu dini, tinggi gula dan lemak, akhirnya akan meningkatkan jumlah sel lemak anak.
  • Orangtua tidak berhasil menjadi panutan bagi anak untuk mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang.

Nah kita harus evaluasi diri, jangan hanya menyalahkan anak yang kelebihan berat badan … karena bisa jadi kita memberikan kontribusi besar yang menyebabkan anak kita menjadi obesitas loh.

Yuk kita terapkan prinsip 3M (move, model, meet) yaitu seimbangkan asupan makanan dengan aktivitas:

  • ajak anak untuk bergerak
  • anak butuh model untuk memberi contoh (nutrition parenting)
  • libatkan anak untuk melakukan perubahan pola makan dan meningkatkan aktivitas

FBE4D562-FAD2-4E4B-A499-C64F80314D2F

Sudahlah kegiatan sebagai ibu di rumah harus masak untuk keluarga, eh datang ke acara ini kok ya disuruh masak juga 😅

Tapi mah saya tetap aja girang, bahkan merasa tersanjung bisa menjadi asisten chef Yunita yang seru nan cantik.

Beliau berbagi tips untuk memasak makanan yang sehat dan lezat:

  • Pilih sayuran yang masih segar, yang ketika dipotek batangnya masih berbunyi kress
  • Masak sayuran dengan api besar dan waktu singkat supaya kandungan nutrisi pada sayuran tidak hilang
  • Tambahkan bumbu penyedap ketika makanan menjelang matang, yaitu sesaat sebelum api dimatikan
  • Untuk membuat kaldu daging, setelah daging dicuci bersih sebaiknya disiram dgn air panas dulu di atas saringan untuk meluruhkan darah2 yang masih menempel … sebelum direbus bersama bahan kaldu lain (wortel, bombay, daun bawang, dan sedikit jahe)

Seneng deh nambah pengetahuan baru dari Masako yang bisa diimplementasikan sehari-hari gini.

B53FFD09-7086-4934-BFBA-B767A4DC2A75

 

Chef Yunita mendemokan 2 masakan sehat dan lezat untuk keluarga, tanpa khawatir anak kita menjadi obesitas:

  • Brokoli saus telur asin
  • Siomay jamur

Kedua masakan itu berbahan ekonomis dan sehat, yang paling penting nih … cara memasaknya gampang untuk kita praktekan sendiri di rumah.

Chef Yunita juga tak ketinggalan memberikan MASAKO di kedua masakan tersebut untuk memperkaya rasa.

Keunggulan Masako di antaranya:

1. Alami dan lengkap

Alami karena dari bahan-bahan segar pilihan yaitu daging ayam dan sapi yang dipadukan dengan bumbu rempah pilihan.

Setiap daging ayam dan sapi segar yang digunakan untuk membuat Masako telah mendapatkan sertifikat HALAL dari Majelis Ulama Indonesia. PT. Ajinomoto memilih daging sapi terbaik yang memiliki kadar lemak rendah, bebas penyakit, dan telah lolos uji kualitas mikrobiologi & kimia.

2. Praktis

Masako ini praktis karena memiliki rasa, aroma dan warna yang sama seperti kaldu buatan di rumah.

3. Ekonomis

Harga Masako ini sangat terjangkau, yaitu Rp 1,000 per 2 bungkusnya.

4. Menu

Masako bisa digunakan untuk berbagai menu masakan, baik makanan berkuah, tumisan dan gorengan.

Teman-teman bisa menyaksikan proses pembuatan Masako secara langsung, di link berikut ini: http://masakolivestream.ajinomoto.co.id/proses-masako.html

A02FD415-F9E1-4DD3-90E5-757174B1E26F

Dalam acara #BicaraGiziBersamaMasako ini kami diminta mengikuti Cooking Chalenge dengan pembagian grup masing-masing beranggotakan 5 orang peserta.

Saya bergabung di grup wortel bersama @istiadzahrohyati @fitrian@desy_yuss @indri_ish untuk mengolah bayam dan udang dengan saus mentega.

Gimana hasilnya?

Wuaasiin hahahaha

Gak menang, tapi ludes dimakan kok.

Cuma ada yang kurang nih … nasi mana nasi?

11 thoughts on “Bicara Gizi Bersama Masako Di Dapur Umami

  1. wuassssiiinn? KODE BANGET itu maaahh MINTA KAWIN LAGIIIII :))))))

    lengkap amat mak tulisannya. aku baru tau kalau masak sayuran dengan api besar dann cepat suapaya nutrisi nggak hilang. slama ini api kecil biar bumbu meresap, euyy. smabil nunggu agak lembek juga si biar bocah bisa makan juga

  2. Masakan para Moms sebenarnya tak kalah enak dengan menu restoran ya. Apalagi yang masak Moms cantik seperti mba De, jadi makin lezat pastinya. Itu Bayam Mentega keasinan karena yg masak rame-rame & sambil ngobrol.

  3. Tapi kemarin pas masak aku baru tau bahwa tanpa garam pun masakan bisa tetap enak. Hehee…bulan lalu aku kehabisan garam lalu mager.. akhirnya gak masak. Padahal ada masako di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *