Browsed by
Category: dapur

Tahu Rambutan

Tahu Rambutan

Lagi buntu mempersiapkan bekal sekolah anak … kemudian buka aplikasi COOKPAD. Muncul lah beberapa posting yang lagi kekinian yaitu TAHU RAMBUTAN. Menyesuaikan dengan isi dapur, akhirnya saya buat versi ini.

IMG_0475

Tahu Rambutan

Bahan:
1 Tahu Cina
1 butir telur ayam, kocok pakai garpu
Penyedap rasa / kaldu jamur secukupnya
10 butir telur puyuh rebus
1 bungkus mie instan dihancurkan tanpa dimasak

Bumbu dihaluskan:
Lada
Garam
2 siung bawang putih

Cara:
– Hancurkan tahu menggunakan garpu
– Campur tahu dengan telur kocok
– Masukan penyedap rasa dan bumbu halus, aduk rata
– Bentuk adonan, masukkan telur puyuh ditengahnya
– Gulingkan bulatan tahu ke mie instan yang dihancurkan
– Goreng sampai kecoklatan dan matang

Alhamdulillah anak-anak suka.

Bak Pao

Bak Pao

Fayra paling suka sama bakpao yang berisi keju leleh. Ketika membeli bahan kue di Puspita – PasMod BSD, saya menemukan cheese filling yang katanya biasa dipakai oleh merk bakpao ternama. 2 kemasan di bawah ini memiliki angka 7000 dan 8000, yang membedakan adalah kadar asinnya. Harga selisih sedikit sih.

IMG_0480

Saya tergoda untuk mencoba, walau tidak menemukan kemasan kecil. Yang tersedia hanya kemasan berisi 1 kg dengan harga 70 ribuan. Alhamdulillah Fayra bilang enak dan beneran mirip sama

IMG_9511

Bak Pao

Bahan:
370 gr terigu
1 sdt baking powder
2 sdm gula
1 sdm ragi
200 ml air hangat
1sdm minyak goreng

Cara:
– Campur gula, ragi dan air hangat, aduk rata dan diamkan 5 menit
– Campur terigu, air campuran ragi, baking powder dan minyak dalam wadah
– Mixer sampai kalis
– Istirahatkan adonan 15mnt
– Bentuk adonan, isi dan bulatkan
– Letakan di atas kertas roti
– Istirahatkan adonan selama 30mnt
– Kukus selama 15 mnt

IMG_9510

Supaya bisa membedakan isi dalamnya, saya menggunakan pewarna kue warna kuning untuk isi keju. Sementara untuk isi coklat, adonan kulit pao saya berikan sedikit pasta coklat.

IMG_0479

Owh iya saya mendapat tips dari seorang teman. Untuk memperoleh hasil pao yang mulus, permukaan kulitnya tidak keriput, kukus pao kurang dari 10 menit.

Alhamdulillah nambah ilmu baru, karena sebelumnya saya upload foto bakpao yang permukaan kulitnya sama seperti wajah yang bikin hahahaha.

Setelah itu hasil bakpao saya lebih mulus deh.

Sekarang PRnya, gimana caranya bikin kulit saya lebih mulus?

Fluffy Pancake

Fluffy Pancake

Saya sudah pernah cerita kan yah, kalo Fayra suka banget sama yang namanya PANCAKE. Dan setelah menempuh beberapa kali percobaan, saya menemukan resep yang menghasilkan pancake lembut yang cocok banget di lidah kami.

Akhir-akhir saya penasaran saya pancakenya resto Pancious yang gempal, kulitnya agak kering tapi dalemnya super lembut. Setelah browsing sana sini dan melakukan beberapa kali percobaan lagi, akhirnya saya menemukan resep pancake yang teksturnya persis kaya di resto itu. Lebih tebal dan gak kempes, beda tekstur sama hasil dari resep yang saya posting sebelumnya.

IMG_8605

Fluffy Pancake

Bahan:

1 telur
1 gelas susu cair + 1 sdm cuka/jeniper (aduk rata, diamkan 5 menit)
1 gelas terigu
3 sdm gula pasir
2 sdm minyak goreng
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue (boleh diskip)
1/2 sdt vanili (boleh diskip)
Sejumput garam

Cara membuat:

  • Aduk semua bahan menggunakan whisk/garpu/sendok, sampai rata. Adonan akan lebih sempurna jika diistirahatkan min 5-10 menit.
  • Tuang dalam wajan anti lengket.
  • Saat permukaan mulai berlubang, balik pancake.
  • Angkat ketika mulai kecoklatan
  • Sajikan dengan topping sesuai keyakinan

Selamat mencoba!

Simple Brownis

Simple Brownis

Ibu-ibu pasti repot banget kalo pagi kan yah?

Ini saya share resep brownis yang gampang dibuatnya, dari persiapan bahan sampai kue matang cuma membutuhkan waktu kurang dari 5 menit, dan tidak banyak cucian piring kotornya.

image

 

Resep Simple Brownis

Bahan:
1 telur
1 sdm terigu
2 sdm coklat bubuk
2 sdm minyak goreng
4 sdm gula pasir

Cara:
– Campur jadi satu dalam mug/cangkir/mangkok kecil

– Aduk rata pakai garpu

– Masukkan ke dalam microwave dgn waktu 1 menit 40 detik

– Brownis siap disajikan

Kue Lebaran

Kue Lebaran

Menjelang lebaran tahun lalu, anak-anak mengisi liburan dengan membuat berbagai macam kue kering. Saya yang menyiapkan adonannya, anak-anak membantu mencetak kue, kemudian saya standby di sebelah oven untuk mengawasi tingkat kematangan kue.

Bersyukur ada toko bahan kue yang sangat lengkap tidak jauh dari rumah. Saya membeli beberapa toples plastik dan kotak yang cukup diisi 3 toples. Lumayan untuk jadi hantaran ke rumah mami dan mama.

image

Untuk lebaran tahun ini saya juga sudah belanja bahannya, tapi masih mengumpulkan tenaga untuk mengajak anak-anak membuat bersama. Bagi mereka kegiatan ini mengasyikan, cocok untuk mengisi waktu liburan di bulan Ramadhan.

Kalau membayangkan tumpukan cucian alat masaknya, memang jadi malas memulainya.

Tapi semua terbayar lunas ketika orangtua menerima bingkisan hasil karya cucu mereka.

Yuk ah bangkitkan rasa semangat lagi *ngomong ke cermin*