Browsed by
Category: Cemilan

Tahu Rambutan

Tahu Rambutan

Lagi buntu mempersiapkan bekal sekolah anak … kemudian buka aplikasi COOKPAD. Muncul lah beberapa posting yang lagi kekinian yaitu TAHU RAMBUTAN. Menyesuaikan dengan isi dapur, akhirnya saya buat versi ini.

IMG_0475

Tahu Rambutan

Bahan:
1 Tahu Cina
1 butir telur ayam, kocok pakai garpu
Penyedap rasa / kaldu jamur secukupnya
10 butir telur puyuh rebus
1 bungkus mie instan dihancurkan tanpa dimasak

Bumbu dihaluskan:
Lada
Garam
2 siung bawang putih

Cara:
– Hancurkan tahu menggunakan garpu
– Campur tahu dengan telur kocok
– Masukan penyedap rasa dan bumbu halus, aduk rata
– Bentuk adonan, masukkan telur puyuh ditengahnya
– Gulingkan bulatan tahu ke mie instan yang dihancurkan
– Goreng sampai kecoklatan dan matang

Alhamdulillah anak-anak suka.

Fluffy Pancake

Fluffy Pancake

Saya sudah pernah cerita kan yah, kalo Fayra suka banget sama yang namanya PANCAKE. Dan setelah menempuh beberapa kali percobaan, saya menemukan resep yang menghasilkan pancake lembut yang cocok banget di lidah kami.

Akhir-akhir saya penasaran saya pancakenya resto Pancious yang gempal, kulitnya agak kering tapi dalemnya super lembut. Setelah browsing sana sini dan melakukan beberapa kali percobaan lagi, akhirnya saya menemukan resep pancake yang teksturnya persis kaya di resto itu. Lebih tebal dan gak kempes, beda tekstur sama hasil dari resep yang saya posting sebelumnya.

IMG_8605

Fluffy Pancake

Bahan:

1 telur
1 gelas susu cair + 1 sdm cuka/jeniper (aduk rata, diamkan 5 menit)
1 gelas terigu
3 sdm gula pasir
2 sdm minyak goreng
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue (boleh diskip)
1/2 sdt vanili (boleh diskip)
Sejumput garam

Cara membuat:

  • Aduk semua bahan menggunakan whisk/garpu/sendok, sampai rata. Adonan akan lebih sempurna jika diistirahatkan min 5-10 menit.
  • Tuang dalam wajan anti lengket.
  • Saat permukaan mulai berlubang, balik pancake.
  • Angkat ketika mulai kecoklatan
  • Sajikan dengan topping sesuai keyakinan

Selamat mencoba!

Nugget Burrito

Nugget Burrito

Bu, masih bingung sama menu bekal anak sekolah?

Yuk sini pusing barengan saya hahahahaha

Saat ke supermarket bagian frozen food … saya melihat ada kemasan tortilla. Itu loh roti tipis khas Mexico yang biasa digunakan sebagai kulit burrito. Kalau di Timur Tengah, biasanya dijadikan sebagai kulit kebab. Tapi berhubung malas membuat daging kebabnya, jadi mari kreatif dengan nugget goreng saja yah!

nugget_buritto

Bahan:

  • Tortilla beli jadi
  • Nugget goreng
  • Telur orak arik
  • Keju iris
  • Paprika
  • Selada
  • Mayonis

Cara:

  • Panaskan tortilla dalam teflon sebentar
  • Oles dengan manyonis
  • Tata isi : nugget iris ¬†memanjang + telur orak arik + keju slice + paprika + selada
  • Lipat tortilla dan sematkan lidi/tusuk gigi supaya kulit tidak terbuka (bagusnya sih dibungkus pakai aluminium foil ya … tapi gak punya hihihi)

Kalau enggak ada nugget goreng, sebagai alternatif bisa gunakan:

  • Tuna kalengan
  • Daging asap
  • Chicken fillet
  • Salmon panggang

Pokoknya sesuaikan dengan isi lemari dapur atau isi dompet belanja hahaha

Simple Burger

Simple Burger

Pusing mikir bekal anak ke sekolah?

Sama buuuu … pusingnya selalu berulang tiap Senin sampai Jumat hahahaha

Coba sini emak-emak males repot mari merapat.

Kita bikin simple burger yuk!

simple_burger

Rotinya beli jadi aja, biasanya 1 kemasan isi 4 pcs tuh. Tinggal dipotong tenggahnya, trus panasin sebentar di atas teflon.

Keju iris selalu sedia di kulkas kan yah?

Bikin telor ceplok dulu, yang kuningnya gak mateng banget juga enak tuh.

Sekarang mari kita bikin daging burgernya.

Bahan:

2 sachet kornet (100 gr)

2 sdm tepung roti / panir

1 butir telur

Lada garam secukupnya

Cara:

  • Campur semua bahan menjadi satu
  • Tuang 1 sendok adonan ke dalam wajan yang sudah dioles mentega
  • Tekan adonan supaya bentuk agak pipih
  • Balik ketika sudah berwarna kecoklatan
  • Angkat

Penyelesaian:

  • Oles roti dengan mayonis
  • Tumpuk daging burger, telur ceplok dan keju di tengah roti
  • Sajikan

Selamat sarapan!

Roti Panggang Isi Daging

Roti Panggang Isi Daging

Pagi hari adalah waktu tersibuk untuk ibu-ibu yang harus menyiapkan anak berangkat sekolah dan suami berangkat kerja. Tapi itu bukan alasan kita untuk melupakan pentingnya sarapan yang sehat dan bergizi untuk seluruh anggota keluarga. Maunya sih yang simple dan tidak membutuhkan waktu lama.

Untuk itu saya mencoba membuat Roti Panggang Isi Daging seperti di bawah ini:

rotipanggangisidaging1

Bahan:

  • Roti tawar tanpa kulit
  • Daging asap
  • Keju parut / keju lembaran
  • 2 butir telur
  • 3 sdm susu cair
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • Margarin untuk oles permukaan roti dan loyang

Cara:

  • Tipiskan roti tawar kemudian oles margarin, letakan di loyang muffin
  • Taruh daging asap diatas roti
  • Kocok telur, susu cair, lada dan garam menggunakan garpu
  • Tuang kocokan telur ke atas roti
  • Tabur keju parut
  • Panggang dalam suhu 180 derajat celcius selama 20-30 menit

rotipanggangisidaging2

 

Dengan bentuk seperti mangkuk ini, anggota keluarga bisa makan tanpa alat bantu seperti sendok dan garpu. Akan lebih enak jika dicocol saus sambal.