Browsed by
Category: Gurih Asin

Seblak Basah

Seblak Basah

Seblak for bfast as anak lanang’s request.

Pas liat penampakan, “kok beda ama yang dijual di sekolah ku?”

Pas nyoba, “waah ini mah jauh lebih enak dari yang di sekolahku, ma. Ini seblak versi resto, ma

Idung mamade mendadak kembang kempis nih

IMG_3601

 

Seblak Basah

Bahan:
150 gr kerupuk direbus sampai letoy
150 gr makaroni/mie direbus dan tiriskan
Bakso / otak2 / sosis diiris tipis
1 butir telur
Sawi/wortel/daun bawang
Sejumput lada + gula + garam + penyedap
Air secukupnya
.
Bumbu diulek/blender:
5 siung bawang merah
2 siung bawah putih
1-5 batang cabe (rawit/keriting)
1-2cm kencur
.
Cara:
– Tumis bumbu halus dalam minyak panas
– Masukkan bakso/otak2/sosis
– Masukan kerupuk + makaroni/mie
– Tuang air, aduk sampai air mendidih
– Masukan sayuran
– Beri lada + gula + garam + penyedap
– Masukan telur dan aduk2
– Siap disajikan

Ayam HappyTos

Ayam HappyTos

Ikut nyobain resep yang katanya lagi kekinian:

IMG_3600

AYAM HAPPYTOS

Bahan:
1/2 kg daging ayam tanpa tulang
3-5 sdm yogurt tanpa rasa
Sejumput garam + lada bubuk
Kripik HappyTos yang dihancurkan

Cara:
– Rendam ayam dalam yogurt yang diberi sedikit garam + lada bubuk, diamkan 15 menit atau semalaman dalam kulkas

– Gulingkan ayam dalam remahan Happy Tos, pijat-pijat supaya remahan menempel menutupi seluruh permukaan ayam

– Goreng dalam minyak panas atau dipanggang dalam oven

– Sajikan dengan nasi panas, lengkap dengan cocolan saus sambal yang dicampur mayonis

PS:
Sedikit gosong karena saat goreng disambi nyuci piring 😅

Tahu Rambutan

Tahu Rambutan

Lagi buntu mempersiapkan bekal sekolah anak … kemudian buka aplikasi COOKPAD. Muncul lah beberapa posting yang lagi kekinian yaitu TAHU RAMBUTAN. Menyesuaikan dengan isi dapur, akhirnya saya buat versi ini.

IMG_0475

Tahu Rambutan

Bahan:
1 Tahu Cina
1 butir telur ayam, kocok pakai garpu
Penyedap rasa / kaldu jamur secukupnya
10 butir telur puyuh rebus
1 bungkus mie instan dihancurkan tanpa dimasak

Bumbu dihaluskan:
Lada
Garam
2 siung bawang putih

Cara:
– Hancurkan tahu menggunakan garpu
– Campur tahu dengan telur kocok
– Masukan penyedap rasa dan bumbu halus, aduk rata
– Bentuk adonan, masukkan telur puyuh ditengahnya
– Gulingkan bulatan tahu ke mie instan yang dihancurkan
– Goreng sampai kecoklatan dan matang

Alhamdulillah anak-anak suka.

Nugget Burrito

Nugget Burrito

Bu, masih bingung sama menu bekal anak sekolah?

Yuk sini pusing barengan saya hahahahaha

Saat ke supermarket bagian frozen food … saya melihat ada kemasan tortilla. Itu loh roti tipis khas Mexico yang biasa digunakan sebagai kulit burrito. Kalau di Timur Tengah, biasanya dijadikan sebagai kulit kebab. Tapi berhubung malas membuat daging kebabnya, jadi mari kreatif dengan nugget goreng saja yah!

nugget_buritto

Bahan:

  • Tortilla beli jadi
  • Nugget goreng
  • Telur orak arik
  • Keju iris
  • Paprika
  • Selada
  • Mayonis

Cara:

  • Panaskan tortilla dalam teflon sebentar
  • Oles dengan manyonis
  • Tata isi : nugget iris  memanjang + telur orak arik + keju slice + paprika + selada
  • Lipat tortilla dan sematkan lidi/tusuk gigi supaya kulit tidak terbuka (bagusnya sih dibungkus pakai aluminium foil ya … tapi gak punya hihihi)

Kalau enggak ada nugget goreng, sebagai alternatif bisa gunakan:

  • Tuna kalengan
  • Daging asap
  • Chicken fillet
  • Salmon panggang

Pokoknya sesuaikan dengan isi lemari dapur atau isi dompet belanja hahaha

Simple Burger

Simple Burger

Pusing mikir bekal anak ke sekolah?

Sama buuuu … pusingnya selalu berulang tiap Senin sampai Jumat hahahaha

Coba sini emak-emak males repot mari merapat.

Kita bikin simple burger yuk!

simple_burger

Rotinya beli jadi aja, biasanya 1 kemasan isi 4 pcs tuh. Tinggal dipotong tenggahnya, trus panasin sebentar di atas teflon.

Keju iris selalu sedia di kulkas kan yah?

Bikin telor ceplok dulu, yang kuningnya gak mateng banget juga enak tuh.

Sekarang mari kita bikin daging burgernya.

Bahan:

2 sachet kornet (100 gr)

2 sdm tepung roti / panir

1 butir telur

Lada garam secukupnya

Cara:

  • Campur semua bahan menjadi satu
  • Tuang 1 sendok adonan ke dalam wajan yang sudah dioles mentega
  • Tekan adonan supaya bentuk agak pipih
  • Balik ketika sudah berwarna kecoklatan
  • Angkat

Penyelesaian:

  • Oles roti dengan mayonis
  • Tumpuk daging burger, telur ceplok dan keju di tengah roti
  • Sajikan

Selamat sarapan!