Gambar Fayra

Gambar Fayra

Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, saya baru mengetahui bentuk seni yang disukai Fayra yaitu Menggambar/Melukis/Mewarnai tahun 2010 saat Fayra berusia 4 tahun.

Setelah Fayra mengikuti lomba dari sekolahnya, akhirnya kami mencari lembaga yang bisa membantu mengarahkan jiwa seni Fayra. Kami pilih Global Art di seberang PasMod BSD dan Fayra masuk ke dalam kelas pemula menggunakan pensil warna. Hasilnya seperti ini:
gambarfay1

Awalnya Fayra semangat, tetapi beberapa bulan setelahnya mengaku bosan.

Alasan Fayra “mosok cuma latihan mewarnai terus, ma. Gak bisa gambar yang lain. Gambarnya sudah tersedia dibukunya. Aku bosan ah

Fayra memang suka menggambar, tidak hanya mewarnai. Saya sering menerima kejutan setiap pulang kerja. Contohnya seperti ini:

gambarfay14

gambarfay15

gambarfay7

Kami mencari lagi lembaga yang bisa mengakomodasi keinginan Fayra. Kalau memang anak berbakat atau menyukai suatu kegiatan yang positif, kita sebagai orangtua cuma bisa mengarahkan dan mendukung mereka toh?

Beberapa waktu lalu saat kami konsultasi ke seorang psikolog yang kebetulan teman SMA Masguh, beliau mengatakan “anak kalian, 2-2nya kuat di visual art. Tolong bantu arahkan. Kalo kalian gak nyeni seperti mereka, paling tidak cari orang lain atau lembaga yang bisa membimbing mereka. Sayang kalo didiamkan saja

Kalau Rafa, sudah pernah saya ceritakan sebelumnya kan yah? Dia ingin menjadi Pencil Drawing Specialist. Tapi sampai hari ini Rafa masih belum mau ikut les/kursus resmi. Hanya belajar secara otodidak saja.

gambarafa10

Sementara saya dan Masguh tidak bisa menggambar. Cuma sebatas gambar teknis untuk melukiskan telco network diagram saja. Gak nyeni blas!

Setelah bertanya kesana kesini, beberapa bulan lalu kami memilih Hadiprana Art Center di salah satu ruko sekitar Alam Sutera. Fayra masuk ke dalam kelas Crayon.

gambarfay13

Fayra semangat sekali setiap diajak les gambar disini. Karena di tempat ini, setiap anak bebas mau menggambar apa. Jadi malam sebelum les, biasanya Fayra udah sibuk “besok aku gambar apa ya, ma?

gambarfay2

Memang ada saatnya dimana anak diajarkan membuat suatu bentuk. Tapi untuk anak yang sudah punya ide dasar, guru akan membantu mengarahkan bentuk dari ide tsb.

Walau menggambar menggunakan crayon, tapi saat finishing murid diajarkan menggunakan cat air.

gambarfay3

Berikut beberapa hasil karya Fayra setiap Sabtu (we call it “saturday is art-day”, sengaja saya foto setiap keluar kelas untuk mengabadikan perkembangannya:

gambarfay4

 

gambarfay6

gambarfay10a

 

gambarfay8

 

gambarfay5

Ketika saya ulang tahun hari Sabtu lalu, ternyata Fayra memilih gambar kue ulang tahun untuk saya. Kebetulan hari itu saya tidak antar jemput Fayra ke tempat les. Jadi saya tidak tahu dan ini benar-benar kejutan untuk saya:

gambarfay9

Fayra sering membuat gambar dan meminta saya membawanya ke kantor. Karena Fayra sudah pernah ke ruangan kerja saya, jadi tahu persis dimana saya bisa meletakan hasil karya nya.

Akhirnya beberapa hari lalu saya membeli tumbler (gelas bertutup) yang bisa diselipkan kertas di dalamnya. Tumbler ini bertuliskan “create your own tumbler

gambarfay11

Sampai di rumah saya tunjukan ke Fayra, langsung deh semangat ambil peralatan gambarnya. Dalam waktu kurang dari 1 jam, tumbler saya berubah menjadi seperti ini:

gambarfay12

Gelas saya akan sering berubah gambar nih. Unik dan tidak akan ada yang menyamai di kantor. Gak perlu ditulis atau dikasih sticker nama, dari jauh sudah ketauan deh kalo itu milik saya. Keren kan.

Thank you, sweety!

Share this...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

30 thoughts on “Gambar Fayra

  1. Wow .. tumbler yang amat keren 🙂
    Iya, Fayra berbakat. SAya tidak begitu ngerti seni lukis tapi kelihatan koq dari hasil karya Fayra kalo gambarnya itu nyeni banget.

    Tetap berkarya ya, seandainya dekat, tante mau minta juga dibuatin gambar sama Fayra 🙂

  2. Fayra kreatif ya gambarnya juga bagus”, :), suka dhe sama ide dan hasil gambar di tumblernya.. Day and night ^^
    maksdnya pergi kerja pagi pulangnya malem kali yah :p hehehe..

  3. bagus banget mbak…imajinasinya bekerja penuh, sehingga bisa gambar dengan baik diusia segitu. Fayra TK B atau kelas 1 mbak?
    mas Rafa, bagus banget gambarnya….bukan sekedar bagus, tapi bagussssss banget
    Fayra mirip mbak De ya 🙂

  4. Woowww….fayra bener2 berbakat itu, de. Si Azka dulu les global art 2 Th, dr umur 4 Th, dr Mulai pre basic sampe intermediate 2, emang dasarnya ga bakat ya gitu2 aja hasilnya

  5. kenalan dulu mbak. selama ini cuman lurking doank for the past 3-4 years 😀 anywaaay..gambarnya Fayra beneran keren total. she’s going to be a star. a big bright star.

  6. Bagus ya gambarnya fayra warna-warni :D. Kalau Raka tiap dibelikan crayon atau pensil warna gak sampai seminggu udah pada rusak.

    Yah aku lewat tukang sayur itu gak tiap hari dan gak pernah pagi mba De. Eh mungkin nanti ya kalau Raka sudah masuk TK bisa jadi kita ketemu disitu. Soalnya Raka TK nya di Cikal Harapan.

    Panjang bener ya komenku malah jadi kayak surat 🙂

  7. gue mauuu dong fayra bikin tumbler gue keren kayak gituuu…haratis 😀 btw itu gambarnya rafa KEREN banget de…hasil gambarnya fayra juga, jadi inget jaman SD ada temen yang jago gambar dan gambar princess nya miriiip ama gambaran fayra…bisa dua2nya begitu yaa bakat gambar nya menonjol….sama doong bakatnya ama gue *hahahaha, apaan…paling poooll gambar garis lurus aja yg bagus 😛 *

  8. waaaaah baguss sekali gambarnya…salut bgt deh,ini jg hasil pengarahan org tua dan guru les yg bagus..mbak,mau tanya tmpt les nya dimana ya..anak saya kemampuan gambarnya kurang bagus mbak..mohon info ya mbak,kebetulan saya tinggal di bsd juga,trimakasih sebelumnya

    1. makasih tante Dian.

      itu ditulis diatas kok tempat les nya dimana. Ada link ke website mereka juga. Coba dibaca lagi dan di klik tulisannya.

  9. Wahhhhh komen Fayra sama banget sama komen anakku. Hehe anakku (5tahun) juga les gambar di GlobalArt BSD. Awal-awal sih happy…lama-lama bosen. “Mah, Naya sebenernya les gambar atau mewarnai, sih?” Hahahaha….akhirnya sekarang stop. Pengen ke Hadiprana tapi kok ya jauh banget heheh 🙂

  10. Makasi artikelnya sangat membantu. Saya juga lagi mau cari tempat les gambar untuk anak saya. Sedang pertimbangkan Global Art atau Hadiprana dan pas banget dibahas disini. Setelah baca jadi makin mantap dah pilihannya mau yang mana. Hehhehe. Gambar2 nya bagus sekali, anak2 ibu sangat berbakat. Salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *