Garangao Festival

Garangao Festival

Baru denger nama festival ini ketika kami ke Doha Festival City wiken lalu.

Garangao Festival adalah perayaan anak2 di negara Arab ketika sudah mencapai tengah bulan Ramadan. Biasanya diselenggarakan malam ke 14/15/16 Ramadan. Supaya anak-anak makin semangat ibadah di 2 minggu terakhir Ramadan.

Dalam acara ini, anak-anak menggunakan pakaian khas timur tengah bergerombol jalan kaki keliling sambil menyanyikan lagu Garangao dan ketuk-ketuk pintu rumah tetangga untuk menerima kacang2an arab, aneka cemilan, permen dan coklat.

Kalau di mall, setelah mendaftar di meja Customer Service … anak2 diberikan tote bag dan peta mall. Kemudian mereka mendatangi toko-toko yang ada di peta untuk menerima souvenir, hadiah atau cemilan. Ada yang langsung dibagikan begitu aja, ada yg harus menyelesaikan tugas/kuis gitu. Seru deh liatnya.

Beberapa sekolah terutama utk tingkat TK dan SD juga ngadain acara ini. Sayang Fayra – Rafa udah masuk Middle dan High School, jadi gak ikutan. Mamade cuma bisa nonton anak orang lain aja. Hahahaha

Acara ini juga diselenggarakan di taman terbesar di doha yaitu Aspire Park, bahkan sampai Qatar National Library juga bikin loh.

Di Qatar dan Bahrain acara ini disebut Garangao, di Saudi disebut Karkee’aan atau Qariqaan, di Kuwait disebut Gargee’aan, di Oman disebut At-Tablah atau Qarnakosh, di UAE disebut  Hag Al Leylah.

Macam Halloween akhir Oktober di negara bule ya.

Share this...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

2 thoughts on “Garangao Festival

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *