Ngeblog Untuk Kesehatan Jiwa

Ngeblog Untuk Kesehatan Jiwa

Saat kumpul blogger di acara Visa Financial Literacy Workshop, saya diminta Liswanti untuk membantu menjadi narasumber Talkshow di Festival Bunda Happy yang diselenggarakan oleh HaiBunda.com

Baru dengar nama HaiBunda.com?

HaiBunda.com adalah portal parenting yang dibuat oleh Detik.Com untuk para bunda-bunda milenial. Informasi di dalamnya lengkap banget dari mulai kehamilan, menyusui sampai tentang pendidikan anak dan cerita para bunda-bunda.

Nah Festival Bunda Happy ini adalah kegiatan offline pertama mereka yang diisi dengan berbagai macam acara antara lain: talkshow dengan beberapa komunitas, bazaar yang menjual aneka produk, aneka lomba untuk bunda dan anak-anak, ditutup dengan performance oleh Naura.

72E73327-1234-422B-9F7B-1D98FC613688

Saya diminta untuk mengisi Happy Talkshow di hari Jumat tanggal 13 Oktober 2017 jam 14:00 dengan mengangkat tema: Ngeblog Untuk Kesehatan Jiwa Bunda. Saya mewakili Komunitas Emak Blogger dan mba Inez Kristianti yang mewakili Komunitas Tiga Generasi.

F622B21D-9E89-45DD-85F4-549EEE0B7BAF

Karena acara ini terbuka untuk umum dan lokasinya di salah satu mall besar di Jakarta Selatan, mami memutuskan untuk datang dan nonton anaknya manggung. Bahkan mami sudah sampai di lokasi ketika saya masih di ojek dari stasiun Palmerah menuju Lotte Shopping Avenue.

Ini kok yang semangat banget malah emaknya yah? Hahahaha

1EC12DF2-5F13-499F-A1D0-2CBE2D96B60C

Berikut beberapa pertanyaan dari MC yang diajukan ke saya.

Dari mana dapat inspirasi menulis blog?
Ingin mendigitalkan cerita hidup keluarga layaknya album foto yang dibuat oleh orangtua jaman dahulu. Biasanya saya menceritakan lewat tulisan tentang keseharian anak2, berbagi ttg parenting yang saya terapkan utk anak2, share ilmu yg didapat dari acara workshop/seminar, share hasil dapur dan resepnya, juga cerita liburan.

Kapan mulai nulis blog?
Akhir 2003 … sekitar 14 tahun yang lalu. Awalnya sebagai bentuk hadiah ulangtahun ke 2 anak pertama. Hadiah yang mungkin gak biasa bagi orang lain ini, saya buat dengan tujuan mendigitalkan kisah hidup anak saya. Layaknya orangtua saya membuat album foto ketika saya kecil dulu.

Kenapa senang menulis blog?
Menulis blog itu kegiatan utk terapi jiwa. Mencurahkan isi hati dan kepala melalui bentuk tulisan dan menghiasi dengan foto-foto. Dari blog bisa punya teman banyak, bisa punya tambahan penghasilan dan dapat inspirasi juga pelajaran berharga dari blog orang lain. Dan yang bikin semangat nulis itu kalo dapat feedback dari orang-orang yang merasa terbantu dgn tulisan saya.

Bisa share tips ngeblog aman utk ibu-ibu?

  • Tulislah sesuatu ketika emosi sudah mereda, jangan sampai kita menyesali sendiri saat membaca ulang di waktu yg akan datang. Jangan curhat terlalu lebay
  • Tulislah sesuatu yang sekiranya bermanfaat untuk orang lain atau hal positif
  • Jangan menulis secara detil ttg kegiatan harian apalagi informasi ttg anak, misalnya nama sekolah, alamat, dll
  • Jangan menulis ttg pertengkaran keluarga atau hal lain yg merupakan aib diri.
  • Sekali kita publish tulisan atau foto ke dunia maya, harus siap dengan segala resikonya. Misalnya pencurian foto, menerima komentar negatif, dll

Komunitas Emak Blogger itu apa?
Wadah yang dibuat untuk menjalin persahabatan dan menfasilitasi semua perempuan yang suka nulis, ngeblog atau sekedar curhat online di media sosial, untuk saling memberikan inspirasi, berbagi karya dan ide-ide positif sehingga tulisannya tsb bisa memberikan manfaat untuk orang banyak.

Berdiri sejak 18 Jan 2012

Membernya sudah hampir 3000 wanita (tepatnya 2,890 orang)

Kegiatannya banyak banget, mulai dari hijab class, arisan ilmu, srikandi blogger, digital activation untuk beberapa brand. Untuk tulisan di web KEB juga banyak sekali, dari mulai parenting, tips ngeblog dan performansi di media sosial, perjalanan wisata, lifestyle dan kegiatan aktualisasi diri sebagai wanita

 

4EF98185-8CA9-4124-9BDA-3985FB3E5140

Di samping saya, mba Inez dari TigaGenerasi menjelaskan secara ilmu psikologi bahwa blogging merupakan expressive writing. Kegiatan ini secara psikologi dapat membantu seseorang menjadi sehat mental dan lepas dari stres. Tentu dengan menulis apa yang sedang kita rasakan membuat masalah jadi lebih jelas dan komplet dan kita perlahan juga jadi tahu apa saja yang mesti diselesaikan terlebih dahulu. Karena dengan menceritakan sesuatu, stres dapat berkurang.

C2A6E54E-F2C8-4812-B4E5-BE68DED9D55A

Sayangnya saya tidak bisa mengikuti acara Festival Bunda Happy ini secara menyeluruh 3 hari berturut-turut. Padahal kalau liat dari rundown perharinya seru banget loh. Cuma bisa mengikuti liputan lengkapnya di portal HaiBunda.com aja deh. Dan senang banget ketika menemukan liputan talkshow saya di sini.

44E99592-BA7C-4DD2-AC88-B23170D52D74

Terima kasih Mak Lis yang sudah mengusulkan diri saya untuk menjadi narasumber di acara ini. Terima kasih juga Mak Icoel yang sudah mendampingi sampai membawakan kostum walau ojeknya nyasar ke mall lain. Hahahaha

Terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh KEB dan kepercayaannya untuk mewakili komunitas tercinta di acara ini.

One thought on “Ngeblog Untuk Kesehatan Jiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *