echo_post_views(get_the_ID());
Resep Langsing

Resep Langsing

Belum lama ini saya baru menghadiri acara reuni STM yang ke 20 tahun. Seru juga yah ketemu teman yang terakhir kita ajak ngobrol 20 tahun lalu. Rambut yang memutih, badan yang menebal, tentunya menjadi pemandangan umum di antara kami. Bisa menemukan saya pada foto di bawah ini? Foto atas tahun 1999 sementara foto bawah tahun 2016.

IMG_8846

Teman-teman bilang saya gak banyak berubah, cuma nambah kerutan di sekitar wajah aja. Gravitasi gak bisa dilawan kan, ceu. Pasrah aing mah.

Beberapa adik kelas menuduh saya menenggak pitera atau mengoles wajah dengan formalin. Padahal kan saya cuma mengkonsumsi tahu dan bakso yang katanya suka dicampur borax. Hahaha

IMG_9181

Kalau lihat foto di atas, badan saya menebal hanya saat hamil besar. Tiap hamil 1-5 bulan, masih gak keliatan karena berat badan justru turun 1-4kg. Begitu masuk 7 bulan, baru orang pada tanya “hamil ya?” Padahal bulan ke 8 udah lahiran. Mas Rafa memang lahir maju sebulan dari perkiraan dokter kandungan, sementara Fayra harus dilahirkan sebulan lebih cepat karena kondisi tulang belakang saya yang dicangkok. Jadi saya melahirkan 2 anak, semua dalam kondisi hamil 8 bulanan.

Semua orang terdekat, pembaca rutin blog ini dan follower sosmed saya juga tau kalo saya memang hobi olahraga. Selain karena saya termasuk orang yang aktif, gak bisa diem, saya juga ingin sehat lebih lama. Bagi saya, menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu wujud rasa syukur terhadap Sang Pencipta. Apalagi sudah dikasih kesempatan hidup kedua sama yang Maha Pengasih.

IMG_8577

Saya ingin bisa main basket bareng anak-anak, naik gunung atau bahkan arum jeram bersama mereka. Saya ingin mendampingi suami saya, sampai anak-anak dewasa dan kami menua bersama.

Dengan usia yang terus bertambah, saya berusaha menjaga pola hidup. Umur menjelang 40 tahun, mimpi makan nasi padang aja … bangun tidur udah naik 2kg. Karena metabolisme tubuh menurun, pembakaran kalori tidak seperti masa muda. Makan sedikit pun bisa jadi lemak. 2 tahun sejak berhenti kerja kantoran, berat badan saya naik 5kg. Tapi justru membuat saya terlihat lebih fresh, segeran gitu loh jeng. Gak kayak orang kurang gizi lagi. Mungkin akibat saya rajin olahraga, yang bikin nafsu makan jadi meningkat.

Bukan sekedar pencitraan, dibawah ini saya share apa yang saya lakukan untuk menjaga kestabilan berat badan. Mungkin bisa dilakukan juga bagi kamu yang ingin turun berat badan.

Tips Langsing:

  • Olahraga secara rutin min 3x seminggu
  • Kurangi makanan manis
  • Kurangi karbohidrat (nasi, kentang, mie, jagung, pasta, tepung2an)
  • Minum teh hijau tawar setiap habis makan
  • Tidak mengkonsumsi apapun kecuali air putih, setelah jam 8 malam

Gegara kebanyakan buka IG #transformationtuesday dan liat youtube freelatics transformation, saya teracuni video ini:

Saya jadi beralih dari yang tadinya jogging 3x seminggu selama 4 tahun terakhir, sekarang melakukan olahraga di rumah saja selama 30-60 menit tapi setiap hari. Cuaca mendukung juga, hampir tiap hari hujan turun di BSD. Malas keluar rumah, dari pada cuma gegoleran di sofa nonton TV … jadi mending nonton youtube dibawah ini sambil ikut gerak.

Sejak operasi ke 5, dokter bilang saya tidak boleh melakukan olahraga high-impact alias loncat-locatan. Jadi saya mencari gerakan low-impact yang bisa dilakukan di rumah tanpa alat bantu apapun. Dengan melakukan setiap hari, saya mulai hafal gerakannya. Jadi bisa olahraga sambil nonton drama korea. Lumayan olahraga 30-60 menit sambil menghabiskan 1 episode drama. Hahaha

Seperti sharing mbak-mbak yang latihan freelatics / HIITS / kaylaitsines / BBG workout, begini fase olahraga rutin setiap hari :

  • Today is Monday (orang bilang mau olahraga mulai Senin, ya sekarang aja hari Senin-nya. Maksudnya mulai dari hari ini juga gitu loh, jangan ditunda-tunda)
  • Minggu 1-4 itu paling berat, karena kita harus menyisihkan waktu 30mnt setiap hari untuk keringetan. Perubahan belum keliatan secara nyata.
  • Minggu 5-9 itu mulai menyenangkan, karena perubahan mulai kelihatan. Biasanya berat badan mulai turun, atau berat badan stabil tapi tubuh mulai berbentuk dan berotot.
  • Minggu 10 dan seterusnya mulai kecanduan. Yang tadinya cuma target 14 – 20 weeks challenge, eh malah kita keterusan.

Saya sendiri baru masuk minggu ke 3 untuk program Freelatics ini. Paling berat untuk saya adalah istiqomah-nya, berusaha untuk konsisten. Berat badan belum turun, tapi otot perut dan lengan mulai kencang. Saya melakukannya tidak lagi merasa sebagai beban, malah menganggap ini sebagai me-time. Yang tadinya cuma 30 menit perhari, sekarang malah 1 jam per hari.

Saya coba mengukur semua lingkar tubuh saya menggunakan meteran jahit, dan memasukan angkanya ke Body Fat Calculator, hasilnya:

  • Body Fat : 27%
  • Body Mass Index : 23

Masih masuk kategori normal dan acceptable sih.

Nanti saya share lagi kalau saya sudah khatam program 14 weeks challenge yaaa. Gak bisa sharing foto before-after dengan bikini untuk memperlihatkan bentuk tubuh dan otot saya lah (macam #transformationtuesday di IG), tapi akan saya lukiskan dengan kata-kata saja. Hehehe

Waktu saya sering ke China, saya melihat betapa orang-orang sana sering minum teh hijau. Tidak hanya setiap habis makan, tapi botol besar (jug) berisi air teh hijau selalu ada di meja makan atau meja rapat. Ternyata ini rahasia mereka memiliki tubuh ramping. Mereka tidak pernah mencampur gula ke dalam minuman tehnya. Pernah saya beli air teh kemasan botol dengan tulisan HONEY, rasanya seperti teh kemasan botol dengan tulisan LESS SUGAR di Jakarta. Kebayang kan bedanya standar rasa manis mereka?

Sekarang saya mengikuti mereka untuk mengkonsumsi teh hijau setiap habis makan yang katanya berfungsi untuk melarutkan lemak dan menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh kita. Jangan teh yang CELUP ya, kertasnya tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Jangan teh yang BUBUK juga, harganya tidak sopan untuk dompet kita. Hahahaha

Dulu sih tiap perjalanan dinas ke China, pulangnya saya selalu membawa teh hijau. Sekarang saya cukup membeli teh hijau daun (tubruk) yang ada di supermarket dekat rumah, yang murah meriah … nyebut merk boleh kak? Biasanya saya pake ini #bukaniklan #gakdibayar

IMG_9191

Untuk 1 gelas air panas (200-250ml), saya masukkan teh 1/2 sendok kecil saja. Diamkan selama 5 menit, saring, kemudian diminum airnya. Gak pahit kok, cuma tawar aja.

Kapan saya olahraganya?

Biasanya setiap habis mengantar anak ke sekolah, sekitar jam 8 pagi. Jadi sekalian belum mandi dari bangun tidur, habis olahraga sekitar jam 9  baru deh mandi pagi.

Kalau ada pengajian, pasti saya sudah kece tuh pagi-pagi. Soalnya abis nganter anak ke sekolah, saya langsung menuju masjid atau lokasi pengajian. Saya mundurin olahraganya jam 1 siang. Nah jam 2 – 2:30 saya mandi sore, kemudian jemput anak pulang sekolah.

Kalau seharian jadwal kegiatan padat merayap. saya mundurin lagi jadwal olahraganya jam 8 malam. Pokoknya setelah anak-anak makan malam, waktunya kami naik ke atas. Anak-anak belajar di kamarnya, saya olahraga di kamar saya. Yang pasti saat suami pulang kuliah sekitar jam 10-11 malam, istrinya udah kece lagi karena kelar mandi malam.

IMG_9189

Ini salah satu MOMSPIRATION saya, namanya mbak Jenifer Gelman. Seorang ibu dari 4 anak laki, tanpa pembantu rumah tangga pastinya. Pendidikan beliau PhD, profesinya sekarang Trainer dan Nutritionist. Saya follow IGnya: @bwmcfitness. Saya suka motto beliau : GYM IS EVERYWHERE.

Mbak Jen selalu menyempatkan berolahraga dimana pun dan kapan pun. Dengan alat sederhana yang ada di sekitar rumah. Suka pakai botol pelembut pakaian menjadi pengganti barbel, keranjang penuh cucian untuk alat angkat beban, stroller anak menjadi alat bantu gerakan olahraga, dll. Sering juga beliau olahraga sambil mengajak anaknya bermain. Yang paling saya suka, beliau push-up sambil mencium anak-anaknya.

Setiap hari saya lihat posting IGnya, membuat saya malu sendiri.

lo masih punya alasan untuk gak olahraga, de?

14 thoughts on “Resep Langsing

      1. astaga, total 60x tiap gerakan? *modaarr!*

        tp kmrn gara2 postingan mbakDe akhirnya gw browsing2 n install freelatics di HP. day 1 success! moga istiqomah.. hihihiii

  1. mbak…baru baca2 blog nih langsung direkap, dirimu kan suka masak dan baking, caranya membatasi makan hasil masakan sendiri gimana mbak?

    1. aku agak aneh sih orangnya … kalo udah masak, males makan hasil masakan sendiri.

      Trus eneg kalo liat makanan berlimpah. Jadi kalo ke pesta atau kondangan, aku justru males makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *