Tempat Jogging Asyik di BSD

Tempat Jogging Asyik di BSD

Dalam rangka mendukung Hari Olahraga Nasional yang jatuh tepat tanggal 9 September, mari kita apdet blog ini dengan kegiatan olahraga yang saya buat kategori khususnya di sini.

3 tahun terakhir, saya berusaha istiqomah untuk melakukan olahraga murah meriah:

  • 2-3x seminggu
  • Jalan kaki @5KM
  • Kecepatan (pace) 10-12 menit per KM

I’m not a runner, I’m just a HAPPY WALKER

Pernah mencoba pace <10 menit, akibatnya tulang belakang ngilu. Dokter memang menyatakan saya gak boleh lari sih, tulang cangkokan saya gak bisa kena guncangan atau hentakan. Jadi saya direkomendasikan untuk jalan cepat saja.

Kalau dulu saat masih kerja kantoran saya selalu jogging malam di Monas atau di ruang gym kantor bersama teman-teman Smartfren Runners, sekarang saya jogging pagi sepulang dari antar anak ke sekolah. Supaya tidak jenuh, saya melakukannya berpindah-pindah di beberapa tempat yang asyik.

Tempat Jogging di BSD

    • TAMAN KOTA 1 BSD CITY

Semua orang BSD pasti tau lokasi Taman Kota. Di tempat ini lah warga BSD melakukan olahraga gratisan. Mulai dari lari, jalan cepat, Tai chi, senam ala Zumba, sampai yang sekedar memainkan berbagai alat yang tersedia di sini.

image

Enaknya di Taman Kota, jongging track nya dibuat pas 1 putaran = 1 KM. Sayangnya gak terlalu lebar sih, jadi kalo ada yang jogging sambil ngobrol dengan teman/pasangan … trus kita berpas-pasan dengan mereka, maka harus ada yang mengalah minggir di luar jalur.

Enaknya di Taman Kota, banyak pepohonan besar yang rindang. Jogging 5 putaran tidak akan berasa kehabisan napas. Tapi untuk teman saya yang alergi gigitan nyamuk, tidak bisa olahraga di sini karena kulitnya sensitif dengan nyamuk di pepohonan rindang. Alhamdulillah saya belum pernah digigit nyamuk di Taman Kota, mungkin karena kostum olahraga yang serba tertutup.

image

Di Taman Kota 1 ini juga tersedia toilet yang dijaga oleh 2 orang ibu yang rajin membersihkan dalamnya. Dengan membayar 2ribu, kita bisa menggunakan toilet dengan air berlimpah.

Parkir kendaraan yang untung-untungan sih. Kadang kalau penuh, terpaksa kita parkir di pinggir jalan yang agak jauh dari pintu gerbang. Atau kita bisa juga parkir kendaraan di halaman komplek sekolah Al Azhar BSD. Masuk ke Taman Kota bisa melalui jembatan gantung dari pintu arah Al Azhar.

    • THE GREEN

Sebenarnya ini salah satu cluster di dalam BSD City yang lokasinya tidak jauh dari pintu tol terakhir. Saat berada di dalam cluster ini, kita seperti berasa ada di luar kota … bukan di Jabodetabek.

image

Saya parkir kendaraan di halaman parkir Sport Center The Green. Lalu saya menyebrang jalan dan lanjut keliling danau buatan, menyusuri pinggiran sungai, melewati beberapa pintu gerbang cluster kecil di dalam The Green, sampai akhirnya kembali ke danau.

1 putaran = 1,8 KM

Enaknya jogging di The Green ini pemandangannya OK, banyak teman jogging yang berpas-pasan, lintasan naik turun tapi kondisi aspal mulus. Bonusnya kita bisa menikmati suara air yang mengalir di sungai, kicauan burung dari atas pepohonan dan suara jangkrik dari balik rerumputan.

    • THE BREEZE

Saya mulai jogging di The Breeze karena dikasih tau oleh salah satu tetangga yang memang sudah rutin ke sini sebelumnya. Kebetulan kalo antar Fayra ke sekolah, pulangnya saya selalu melewati tempat ini. Jadi lumayan lah habis nganter Fayra, belok dulu ke sini dan menghabiskan waktu 1 jam untuk keringetan.

image

Biasanya saya parkir di halaman Ranch Market atau di lahan parkir belakang. Saya start dari depan kios Bodyshop, lurus ke arah ATM Center dan turun ke bawah menyusuri track yang nantinya akan tembus ke dekat jembatan jalan raya kemudian belok kiri arah ke danau.

image

1 putaran itu = 1,3 KM

Kadang dari depan danau, saya menyebrang ke kantor Marketing Sinarmas Land dan ambil ke kanan menyusuri beberapa gedung perkantoran sampai nanti bertemu Ranch Market.

1 putaran besar ini = 1,8 KM

Enaknya di The Breeze masih relatif sepi. Kalau hari kerja, saya jarang berpas-pasan dengan orang lain. Paling hanya mereka yang jalan dari parkiran menuju sebuah tempat gym di dalam lingkungan The Breeze.

Fayra paling suka diajak ke sini, karena bisa bermain air mancur dan melihat kawasan angsa dalam danau The Breeze.

    • TANDON AIR CIATER

Lokasi Tandon Air Ciater ini tidak jauh dari komplek rumah saya. Karena relatif baru selesai dibangun, jadi belum banyak orang BSD yang tau tempat ini.

image

Saya diajak ke sini oleh tetangga-tetangga kece. Sebagian dari mereka suka jogging ke sini, sebagian lain menjadikan lokasi ini sebagai tujuan akhir dari rute sepeda-an.

1 putaran mengelilingi tandon air = 0,8KM.

Sayangnya belum banyak pohon besar di sini. Semakin siang, mataharinya makin gonjreng. Baru 3-4 putaran, mata saya lelah karena terus mengernyit meski sudah menggunakan kacamata hitam. Belum lagi peluh yang membanjiri pakaian saya.

Gak bisa deh kalo ke sini setelah antar anak sekolah. Musti ke sini jam 6 pagi supaya bisa mencapai 5-6 putaran (5KM) tanpa kepanasan. Atau jogging sore sekalian (jam 4 sore), pulang dari menjemput anak sekolah.


Alhamdulillah bonus tinggal di BSD yah.

Eh tapi selain 4 tempat di atas, tak jarang saya melakukan jogging di komplek rumah sendiri atau menyusuri sungai di pinggir komplek yang tembus ke kampung belakang.

Sayangnya saya pernah dikejar anjing di blok C komplek rumah, dan dikejar soang (angsa berleher panjang) di kampung belakang. Kalau tidak ada teman jogging, saya memilih untuk jogging di 4 tempat itu saja.

Ada penduduk BSD yang bisa merekomendasikan tempat jogging asyik lain di seputaran BSD juga?

Kalau ada yang liat saya di tempat2 itu, colek-colek yaaaa

Share this...
Share on Facebook11Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

12 thoughts on “Tempat Jogging Asyik di BSD

  1. Aku di The Icon mbak, kalo lagi bisa bangun pagi, rute ku kluar The Icon (samping Simplicity) – Aeon – The Icon (depan Caspia). Lupa ngukur jarak dan ngitung pace tapinya. Itu 1 jam 15 menit (banyakan jalan daripada joggingnya) udah termasuk beli nasi kuning buat sarapan di rumah hehehe

  2. Jd pengen buru2 pindah ke BSD deh nih aku, ngiler sm tmp jogging nya. Dkt rmh ku sih ada taman, tp kecil lah hihi. Jd aku klo lari cuma muterin cluster aja

    Kpn2 aku colek mbak De yahhhhh *brb jogging ke BSD*

  3. Saya juga pernah lihat di alun-alun Sidoarjo, Jatim juga ada namun belum seasri BSD.

    Moga makin banyak fasilitas seperti ini ya dan gratis 🙂
    terima kasih dan salam kenal

  4. di serpong city paradise di dream land ada tempat jogging yg asik n rindang mba jadi adem plus toilet yg bersih n playground klo ngajak anak kecil. tiap pagi aq jogging disitu :))

  5. Kalau taman kota 2 bsd recomended nggak buat jogging? Ada komunitas jogging nggak ya di bsd? Biar bareng2 joggingnya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *