Browsed by
Category: Gurih Asin

Pizza Mama

Pizza Mama

De iseng nyari inspirasi ke dapur Maki dan kebetulan liat cara pembuatan pizza. Kok kaya’nya gampang banget. Dan bahan-bahan nya juga simple. Kebetulan wiken gak ada acara, jadi nyoba praktekin. 1 resep de buat menjadi 8 buletan pizza. Biar enak langsung makan *males motong2in hehehe*

Hasilnya:
 
Dicicipi:
Reaksi:
Wah gimana rasa pizza ini kalo liat reaksi Fayra kaya di foto atas itu?

Pastel Tutup

Pastel Tutup

Iseng pingin masak lagi…setelah agak lama dapur masrafa online ini gak berasap. Kalo dapur mungilnya mah selalu ngebul, bisa diprotes papanya Rafa kalo sampe gak masak. hehehe

pastup5

Bahan :
1 kg kentang, kupas, kukus
75 gr mentega
50 gr susu bubuk
1 sdm tepung custard (optional…biar kentangnya berwarna kuning cantik)
1 sdt lada bubuk
1 sdt garam
1/4 sdt pala bubuk
1 kuning telur kocok untuk olesan

Isi:
3 sdm margarin
200 gr daging giling (ayam atau sapi)
200 gr wortel kupas potong 1 x 1 x 1 cm
50 gr jamur kuping rendam dalam air panas, iris tipis
50 gr soun rendam dalam air panas, tiriskan
3 btg daun bawang iris tipis
8 butir telur rebus kupas potong membujur jadi 6 bagian
200 ml air kaldu

Bumbu:
1/2 btr bawang bombay
4 siung bawang putih
1 sdt lada bubuk
1 sdt garam
1/4 sdt pala bubuk

CARA MEMBUAT:

  • Haluskan kentang, bersama mentega, susu, tepung custard, lada, garam, pala bubuk, aduk hingga rata.
  • Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  • Masukkan daging giling masak hingga berubah warna. Tambahkan wortel, daun bawang, jamur kuping, aduk hingga rata.
  • Tambahkan air kaldu, kecap ikan, dan soun, aduk rata. Angkat
  • Taruh sebagian kentang pada dasar loyang sampai tertutup rata
    pastup1
  • kemudian taruh isi dan atur potongan telur (de gak pake) di atasnya hingga rata.
    pastup2
  • Tutup kembali dengan sisa adonan kentang. Oles permukaannya dengan kuning telur hingga rata
    pastup3
  • Taburi keju parut
    pastup4
  • Panggang dalam oven panas dengan suhu 180 derajat C selama 30 menit hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan sajikan

Untuk 1 loyang bundar diameter 20cm

Cheese Stick

Cheese Stick

Sejak punya concerto, de jadi penasaran untuk nyoba semua yang tertulis di buku resep concerto. Kaya nya kok gampang-gampang banget. Udah gitu jenis makanan nya yang emang de suka juga.

Wiken kemarin de nyoba bikin Cheese Stick pake Concerto. Saat nyetak adonan de panggil Rafa untuk bantuin muter engkolnya. Tapi 3x de panggil Rafa gak datang juga ke dapur. Sampai selesai menggoreng…Rafa juga gak datang.

De bawa toples berisi Cheese Stick ke dalam. De sodorin ke Rafa dan papa nya. Eh toples itu langsung dipeluk Rafa. Gileee…makan cheese stick kaya makan nasi aja. Gak berenti-berenti.

Aku tuh bosan liat mama bikin kue. Aku malas bantuin. Jadi waktu tadi mama panggil…aku gak mau ke dapur. Tapi kalo udah matang gini, aku senang makan nya

ealah mas…kamu tuh ada-ada aja deh. Yah smoga kalo dek Fayra udah gedean mau bantu mama di dapur. Mama lupa…kamu laki sih, jadi malas ke dapur. hehehe


CHEESE STICK

Bahan:

250 gr sagu
250 gr terigu segitiga
1 sdm margarin
1 bks royco
100 gr keju cheddar diparut
Cara membuat:

  • Campur semua bahan dan uleni sampai kalis
  • Cetak adonan seperti tusuk gigi
  • Goreng ke dalam minyak panas
  • Sajikan

Gampang kan?

Makaroni Tuna Panggang

Makaroni Tuna Panggang

makaroni_tuna

Paling gampang untuk sarapan…apalagi kalo gak bikin makaroni panggang. Tapi kebetulan aja wiken kemarin stok daging giling tinggal dikit banget, cuma pas untuk jatah makan fayra hari itu.

Cek n ricek dilemari groceries, ada 1 kaleng tuna in oil ukuran kecil. Wah pas banget nih untuk campuran makaroni. Trus buka freezer, ada jagung pipil beku. Di pintu bawah ada susu cair. Tuh kan…kalo bikin makaroni panggang itu sebenarnya untuk cuci gudang kulkas aja hihihi

Makaroni Tuna Panggang
ala -de-

Bahan :
150-200 gr makaroni, rebus 10-12 menit tiriskan
1 sdm margarin
2 siung bawang putih, cincang
1/2 bulatan bawang bombay ukuran sedang, iris tipis.
1 cangkir jagung pipil beku
1 gelas susu cair
2 btr telur, kocok lepas
2 sdt garam
2 sdt lada bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1 klg tuna in oil/water (kaleng kecil 150 gr-lah), tiriskan
100 gr keju cheddar parut
100 gr keju parut lagi buat taburan.

Cara membuat : 

    • Panaskan margarin, tumis putih sampai harum
    • Masukan bawang bombay
    • Masukan tuna
    • Masukkan jagung pipil
    • Masukan garam, lada, dan pala bubuk. Masak hingga matang dan bumbu meresap
    • Campur makaroni rebus, susu cair, telur kocok, keju parut dan tumisan.
    • Tuang dalam loyang tahan panas, ratakan, taburi keju.
    • Panggang dalam oven, kira-kira 45 menit hingga kecoklatan, angkat.
    • Dinginkan sebentar, siap disajikan,
Rogout

Rogout

rogout

Roti tawar selalu ada di lemari makanan Rafayra, karena merupakan cemilan wajib untuk Rafa kalo tengah malam kelaperan. Tapi kalo cuma dimakan pakai mentega + ceres, atau mayonis + keju, atau oles selai….bosen banget. Wiken kemarin de bikin rogout untuk isi roti tawar, lumayan bisa buat sarapan Rafa dan papa nya.

Roti Tawar Rogout

Bahan:
10 lembar roti tawar masing-masing di belah 2
1 butir telur dikocok lepas
tepung panir atau bread crumb secukupnya

Isi:
2 sdm mentega
1/2 butir bawang bombay cincang
2 siung bawang putih cincang
50 gr daging giling
50 gr sayur campur beku (wortel, buncis dan kacang polong)
50 gr keju parut
1 sdm terigu
100 ml susu UHT
garam, gula dan lada bubuk secukupnya

Cara:

    • Panaskan mentega, tumis bawang bombay dan bawang putih
    • Masukan daging giling, aduk sampai berubah warna
    • Masukan sayuran campur, aduk sampai layu
    • Masukan garam, gula, lada bubuk, aduk rata
    • Masukan keju parut, terigu, dan susu cair
    • Aduk sampai mengental
    • Ambil selembar roti tawar, taruh 1 sdm adonan rogout
    • Lipat kemudian celup ke kocokan telur
    • Gulingkan ke tepung panir atau bread crumb
    • Goreng sampai kecoklatan

Notes:

Gak perlu lama-lama gorengnya, karena roti dan isinya sudah matang. Kaya di foto atas tuh…nyaris gosong…hahahaha