Browsed by
Category: Cemilan

Nugget Burrito

Nugget Burrito

Bu, masih bingung sama menu bekal anak sekolah?

Yuk sini pusing barengan saya hahahahaha

Saat ke supermarket bagian frozen food … saya melihat ada kemasan tortilla. Itu loh roti tipis khas Mexico yang biasa digunakan sebagai kulit burrito. Kalau di Timur Tengah, biasanya dijadikan sebagai kulit kebab. Tapi berhubung malas membuat daging kebabnya, jadi mari kreatif dengan nugget goreng saja yah!

nugget_buritto

Bahan:

  • Tortilla beli jadi
  • Nugget goreng
  • Telur orak arik
  • Keju iris
  • Paprika
  • Selada
  • Mayonis

Cara:

  • Panaskan tortilla dalam teflon sebentar
  • Oles dengan manyonis
  • Tata isi : nugget iris ¬†memanjang + telur orak arik + keju slice + paprika + selada
  • Lipat tortilla dan sematkan lidi/tusuk gigi supaya kulit tidak terbuka (bagusnya sih dibungkus pakai aluminium foil ya … tapi gak punya hihihi)

Kalau enggak ada nugget goreng, sebagai alternatif bisa gunakan:

  • Tuna kalengan
  • Daging asap
  • Chicken fillet
  • Salmon panggang

Pokoknya sesuaikan dengan isi lemari dapur atau isi dompet belanja hahaha

Simple Burger

Simple Burger

Pusing mikir bekal anak ke sekolah?

Sama buuuu … pusingnya selalu berulang tiap Senin sampai Jumat hahahaha

Coba sini emak-emak males repot mari merapat.

Kita bikin simple burger yuk!

simple_burger

Rotinya beli jadi aja, biasanya 1 kemasan isi 4 pcs tuh. Tinggal dipotong tenggahnya, trus panasin sebentar di atas teflon.

Keju iris selalu sedia di kulkas kan yah?

Bikin telor ceplok dulu, yang kuningnya gak mateng banget juga enak tuh.

Sekarang mari kita bikin daging burgernya.

Bahan:

2 sachet kornet (100 gr)

2 sdm tepung roti / panir

1 butir telur

Lada garam secukupnya

Cara:

  • Campur semua bahan menjadi satu
  • Tuang 1 sendok adonan ke dalam wajan yang sudah dioles mentega
  • Tekan adonan supaya bentuk agak pipih
  • Balik ketika sudah berwarna kecoklatan
  • Angkat

Penyelesaian:

  • Oles roti dengan mayonis
  • Tumpuk daging burger, telur ceplok dan keju di tengah roti
  • Sajikan

Selamat sarapan!

Roti Panggang Isi Daging

Roti Panggang Isi Daging

Pagi hari adalah waktu tersibuk untuk ibu-ibu yang harus menyiapkan anak berangkat sekolah dan suami berangkat kerja. Tapi itu bukan alasan kita untuk melupakan pentingnya sarapan yang sehat dan bergizi untuk seluruh anggota keluarga. Maunya sih yang simple dan tidak membutuhkan waktu lama.

Untuk itu saya mencoba membuat Roti Panggang Isi Daging seperti di bawah ini:

rotipanggangisidaging1

Bahan:

  • Roti tawar tanpa kulit
  • Daging asap
  • Keju parut / keju lembaran
  • 2 butir telur
  • 3 sdm susu cair
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • Margarin untuk oles permukaan roti dan loyang

Cara:

  • Tipiskan roti tawar kemudian oles margarin, letakan di loyang muffin
  • Taruh daging asap diatas roti
  • Kocok telur, susu cair, lada dan garam menggunakan garpu
  • Tuang kocokan telur ke atas roti
  • Tabur keju parut
  • Panggang dalam suhu 180 derajat celcius selama 20-30 menit

rotipanggangisidaging2

 

Dengan bentuk seperti mangkuk ini, anggota keluarga bisa makan tanpa alat bantu seperti sendok dan garpu. Akan lebih enak jika dicocol saus sambal.

Bolu Kukus Pandan

Bolu Kukus Pandan

Siapa pun yang membuka tutup dandang / kukusan dan melihat tampilan di bawah ini, pasti senyum gembira:

bolukukus1

Artinya kita terbebas dari kutukan bolu kukus hahahaha.

Membuat bolu kukus itu sebenarnya gampang, resepnya juga sederhana. Tapi kadang bantet, gak mau mekar alias mingkem aja gitu.

Beberapa waktu lalu saya mencoba resep serba dua yang populer di komunitas memasak NCC. Alhamdulillah berhasil mekar, rasanya pas gak kemanisan, teksturnya juga lembut.

bolukukus2

Bahan:

  • 2 butir telur
  • 200 gr gula pasir
  • 200 gr terigu
  • 200 gr cairan (saya gunakan 100ml sprite + 100ml susu cair / santan)
  • 1 sdm emulsifier (TBM / ovalet)
  • 1 sdt baking soda
  • 1 sdm pasta pandan / pewarna hijau

Cara:

  • Campur semua bahan dalam wadah, mixer sampai kental berjejak
  • Ambil sebagian adonan, taruh dalam mangkok dan beri pasta pandan / pewarna hijau
  • Siapkan kukusan dengan jumlah air tidak terlalu banyak, supaya tidak muncrat dan membuat bagian bawah kue bantat.
  • Panaskan kukusan sampai uap cukup berlimpah
  • Tuang adonan dalam cetakan sampai penuh, bagian atas diberi 1 sdm adonan warna hijau.
  • Masukan cetakan dalam kukusan, lapisi tutupnya dengan serbet supaya kue tidak terkena tetesan air dari tutup kukusan.
  • Kukus selama 15 menit.

Notes:

Banyak yang berhasil juga meski tutup kukusan tidak dilapir serbet. Terutama yang bentuk kukusannya kerucut, karena air akan menetes ke pinggir kukusan bukan langsung ke kue.

Selamat mencoba!

Pancake Enak Lembut

Pancake Enak Lembut

Fayra suka banget makan pancake, terutama menu sarapan di McD dan cemilan di Pancious. Berulangkali Fayra minta “bikinin di rumah dong, ma. Pasti bisa kan?

Apadaya berkali-kali coba, belum berhasil juga *sigh*

Udah coba berbagai resep sampai beli adonan instant yang tinggal dikasih telur dan air doang, tetap aja gagal. Baik adonan kemasan dus maupun kemasan botolan yang tinggal campur air dan dikocok, trus dituang ke teflon … hasilnya malah tipis macam crepes.

Bukan saya namanya kalo nyerah gitu aja dong yah. Apalagi cuma sama yang namanya pancake hahaha. Sampai akhirnya Jumat kemarin saya browsing youtube dan nemu video yang berjudul “HOW TO MAKE THE BEST PANCAKES IN THE WORLD

Keren banget kan judulnya?

Ternyata bahannya juga gampang!

pancake1

Karena khawatir gagal, saya mencoba 1/3 resep dulu. Eh ternyata bukan sulap bukan sihir, berhasil loh *joget seneng*. Ternyata kuncinya adalah DIAMKAN ADONAN SATU JAM SEBELUM DITUANG KE TEFLON. Bagian ini tidak pernah ditulis dalam resep orang-orang lain, tapi dijelaskan secara tulisan dalam video tsb.

Semacam bangga atas prestasi ini, maka saya posting lah di Path.

pancake2

Seorang teman memberikan komentar “ditambah baking soda juga, mbak. Hasilnya jadi empuk dan lembut macam di Pancious

Dengan semangat menggebu untuk mengulangi keberhasilan dan meyakinkan diri bahwa yang sebelumnya bukan hanya faktor kebetulan belaka, hari Minggu saya mencoba bikin lagi dengan menambahkan baking soda.

Saya ingat punya cetakan pancake hadiah dari susu Fayra beberapa tahun lalu. Saya keluarkan dan coba membuat dengan cetakan ini:

pancake3

Arrghhh teryata susah saat harus membalik pancake nya. Penyebabnya karena cetakan ini mungil dan bahan dasarnya gak anti lengket. Jadinya malah berantakan dan bentuknya gak karuan. Mari kembali ke jalan yang benar dengan menggunakan panfry teflon untuk menggoreng biasa.

Terus saya iseng coba pakai cetakan cookies yang ditaruh di atas teflon. Maksud hati biar dapat bentuk pancake yang lucu, imut dan menggemaskan gitu sih.

pancake4

Berhasil?

Tidaaakkkk *nunduk malu dan kecewa*

Waktu balik sih gampang ya, karena dibalik secetakannya juga. Tapi ternyata susah mengeluarkan pancake dari cetakannya. Mungkin karena saya terlalu buru-buru dan tidak mengoleskan mentega/margarin/minyak sayur ke bagian pinggiran dalam cetakan. Jadi lengket gitu deh.

Sisa adonan dituang biasa lah ke atas teflon. Eh bentuknya malah bulet cakep loh. Rasanya enak pula, asli mirip banget sama di McD dan Pancious. Dari 1/3 resep itu, bisa jadi 15 pieces. Rafa dan Fayra, masing-masing habis 5 pieces dalam sekali makan. Sisa 5 lagi untuk mama dan papa. Hihihi

Bahagia dan puas banget bisa liat penampakan ini:

pancake5

Sepertinya ini akan menjadi RESEP PANCAKE andalan saya:

Bahan:

  • 1 butir telur
  • 200 ml susu cair
  • 150 gr (kurleb 15 sdm) terigu segitiga biru
  • 60 gr (kurleb 3-4 sdm) gula pasir
  • 1 sdt baking powder (lebih mantap pakai merk Hercules kaleng merah)
  • 1 sdt baking soda (saya pakai merk Kupu-kupu)

Cara:

  • Campur telur dan susu dalam mangkok, kocok rata (bisa pakai sendok/garpu aja)
  • Masukan bahan kering : terigu + gula pasir + baking powder + baking soda, aduk rata pakai spatula
  • Diamkan adonan selama 1 jam
  • Aduk rata adonan menggunakan sendok, kemudian tuang ke teflon yang sudah dioles dengan mentega/margarin/minyak goreng (cukup sekedar basah, jangan kebanyakan seperti mau goreng tempe ya)
  • Ketika permukaan sudah bolong-bolong dan bagian dasar sudah kecoklatan, balik deh.
  • Tunggu sampai kedua sisi berwarna kecoklatan, angkat dan sajikan

Pancake dengan resep ini tidak manis. Jadi silahkan disajikan dengan topping sesuai selera: butter, madu, maple syrup, saos coklat, eskrim, dll.

Kemarin saya coba taburkan keju yang dipotong dadu kecil-kecil saat adonan masih di teflon, enak juga loh.

Selamat mencoba!