Kirim Uang Dari Qatar Ke Indonesia

Kirim Uang Dari Qatar Ke Indonesia

Di zaman teknologi sudah berkembang pesat sedemikian rupa, jasa keuangan juga sudah semakin canggih. Sehingga untuk proses pengiriman uang antara negara pun sudah bukan merupakan sebuah masalah berarti.

Ada beberapa pilihan jasa pengiriman uang dari Qatar ke Indonesia, antara lain:

  1. BNI Remittance
  2. Mandiri Remittance
  3. BCA Remittance
  4. Western Union
  5. Internet Banking (e-banking)

Proses pengiriman uang REMITTANCE sebagai berikut:

  • Kita mendaftarkan diri dengan menunjukkan QID/Passport.
  • Mengisi form data diri : nama sesuai passport, no handphone, pekerjaan, nama perusahaan yang menjadi sponsor visa kerja, lokasi kantor, dll.
  • Mendaftarkan data rekening tujuan di Indonesia : nama bank, nomor rekening, nama pemilik rekening.
  • Uang dalam bentuk QAR akan langsung dikonversi menjadi IDR. Tetapi ada beberapa bank yang mengkonversi QAR menjadi USD dulu, baru kemudian dikonversi lagi USD menjadi IDR.
  • Total Rupiah tersebut akan dipotong 30ribu jika nomor rekening tujuan kita ada di bank yang sama, atau dipotong 45ribu jika nomor rekening tujuan di Indonesia ada di bank yang berbeda.
  • Jadi saat kirim uang, kita bisa langsung mengetahui berapa rupiah yang akan masuk di rekening tujuan di Indonesia.
  • Uang akan masuk ke rekening tujuan dalam waktu beberapa jam atau bisa juga beberapa hari kemudian.

Untuk pengiriman uang selanjutnya, kita hanya tunjukkan QID dan serahkan uang … maka petugas akan langsung memproses sesuai data yang sudah pernah terdaftar. Kecuali kalau kita mau kirim uang ke tujuan yang berbeda di Indonesia, maka kita harus mengisi data rekening tujuan yang baru.

Berikut contoh bukti kirim uang:

Proses pengiriman uang menggunakan WESTERN UNION tidak memerlukan data rekening bank tujuan, melainkan cukup memberikan nama penerima sesuai KTP saja. Saat pengambilan uang, penerima tinggal menunjukkan KTP dan nomor resi ke petugas Western Union di cabang terdekat (hampir setiap Kantor Pos Indonesia dan bank ada loket Western Union).

Pak Suami belum pernah mencoba layanan e-banking di Qatar untuk mengirim uang ke Indonesia. Beberapa orang temannya selalu melakukan e-banking karena sudah memiliki rekening dollar di Indonesia. Saya kurang paham apakah memang untuk layanan e-banking ini hanya bisa ditujukan ke rekening dollar atau bisa juga ke rekening biasa (rupiah). Dan saya juga tidak tau biaya pengiriman uang yang dikenakan dan proses konversi mata uangnya bagaimana.

Lokasi pengiriman uang dari Qatar ke Indonesia ada di tempat-tempat berikut:

  • Gulf Exchange
  • Al Fardan Exchange
  • City Exchange

Selain di Doha, katanya sih kota lain di Qatar juga ada tempat-tempat untuk mengirim uang. Gulf Exchange sendiri memiliki beberapa cabang di Qatar.

Suami saya lebih suka ke Gulf Exchange yang gedungnya ada di daerah Bank Street, dekat Terminal Bus Doha. Kebetulan setiap Sabtu kami mengantar anak-anak ke gedung Al Fanar untuk mengikuti pengajian anak Indonesia (Kaifa). Saat menunggu anak-anak mengaji, kami bisa jalan kaki ke Gulf Exchange untuk kirim uang dan mampir ke Supermarket Indonesia (Qatindo) untuk belanja kebutuhan dapur yang tidak bisa saya temukan di supermarket lain. Gak rutin setiap bulan sih, seadanya uang yang mau dikirim aja. Bisa 2-3 bulan sekali.

Selain karena faktor lokasi, di Gulf Exchange ini petugasnya juga orang Indonesia. Jadi lebih enak komunikasinya kalau ada pertanyaan-pertanyaan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat ya!

Share this...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

6 thoughts on “Kirim Uang Dari Qatar Ke Indonesia

  1. Bantuan nya dong, kan ada teman saya ingin teranfer uang dari Qatar saya kasi nomer rekening saya, bila melalui wester union berarti pengambilan nya di kantor pos kan? Atau langsung masuk ke nomer rekening kita. Dan alangkah baiknya proses mudah dan cepat bisa melalui yang mana satu supaya lebih mudah dan masuk nya langsung ke nomer rekening BNI kita? Terimakasih bantu jawab ya

  2. Mbak…tmn sy pengen kirim uang masalhnya dia bukan org indonesia, jdi dia ga tau sama skali caranya klw kirim ke indo, sy udh ngasi dia rekening BNI sy, tp katanya susah..dia malh bilang klw kamu punya kenalan org indo yg tinggal di qatar, biar sy temui trus kasi uang biar dia yg kirim soalnya dia buta bget ttg indonesia gt, mnt petunjuknya dong mbak

  3. Maaf mau tanya mas saya punya pacar orang Nepal kerja di Qatar mau kirim uang buat saya untuk beli hadiah,tapi gimana caranya mas ya?dan apa saja syarat nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *