Sarang Semut Cookies

Sarang Semut Cookies

Terinspirasi dari IG nya @qianzhangg yang membuat kue kering Sarang Semut, saya langsung browsing resepnya. Ternyata ini kue kering andalan orang melayu di Singapore dan Malaysia setiap menyambut lebaran. Mungkin macam nastar dan sagu keju kalo di kita.

Kenapa disebut sarang semut?

Karena bentuk adonan yang diparut menyerupai butiran pasir dan taburan ceres yang membuatnya mirip semut berkumpul.

sarangsemutcookies1

Bahan dan cara bikinnya cukup gampang. Fayra bahkan bisa membantu parut adonan, masukin ke dalam cetakan dan tabur ceres.

Tapi karena tidak pernah nyetok tepung Custard (tepung kuning dalam kemasan kaleng yang biasa digunakan untuk membuat vla atau klapetart), saya ganti jumlah yang sama dengan terigu. Tetap enak dan berhasil tuh.

sarangsemutcookies

Resep Sarang Semut Cookies

Bahan:
100 gr gula pasir
250 gr mentega
400 gr terigu
100 gr tepung custard
1 kuning telur
Coklat beras (ceres) sekucupnya

Cara:
– Kocok gula dan mentega sampai putih memucat
– Masukan kuning telur
– Masukan terigu dan tepung custard
– Bulatkan adonan dan simpan dalam freezer 5-10mnt
– Parut adonan kemudian masukan ke dalam cetakan dan taburi coklat
– Panggang 15 menit dalam suhu 180-200 derajat celcius

Adonan yang diparut ini membuat penasaran. Saya berpikir gimana nanti saat dimasukan ke dalam toples dan dimakan? Apakah remah-remah parutan akan berantakan?

Ternyata enggak loh. Adonan menjadi kering layaknya cookie biasa.

Selamat mencoba!

Share this...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

12 thoughts on “Sarang Semut Cookies

  1. Mbak De, apa kabar? Maaf lahir batin yaaa… Maaf udah lama ngga jalan2.
    Fayra dah besar ya, dah bisa bikin kue sendiri. Jempol deh!
    Salam hangat dari Caracas. Terima kasih mbak, tulisannya selalu menginspirasi (terutama soal parenting, mana mirip2 lagi usia perkawinan kita dan umur anak2 🙂
    Keep up ya mbak dan stay healthy and happy!

  2. Fayra keren deh udh bisa bantuin bikin kue gituh *takjub*.
    Untuk sementara resepnya cuma bisa dicatet mbak De, aku blom punya oven qiqiqiqi

    1. Saya belum pernah coba tanpa tepung custard. Mungkin hasilnya gak akan selembut tepung custard yah.

      Coba aja, nanti share hasilnya yaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *