Museum Topeng & Pasar Apung Nusantara

Museum Topeng & Pasar Apung Nusantara

Begitu keluar dari Museum Angkut, kita langsung diarahkan ke Pasar Apung Nusantara yang memang letaknya masih di area Museum Angkut juga.

pasarapungmalang1

Sesuai namanya, tempat ini layaknya pasar yang menjual aneka makanan – souvenir – oleh2 namun bangunan dirancang sedemikian rupa di atas kolam untuk mendapatkan kesan mengapung.

pasarapungmalang2

Makanan yang dijual di sini beraneka ragam dan pastinya kebanyakan makanan tradisional dari Jawa Timur. Harganya juga terjangkau sekitar 10-15rb per porsinya. Kami sempat mencicipi sego tiwul dengan pepes sarang tawon. Baru tau kalo sarang tawon ternyata bisa dimakan, rasanya manis dan kalau digigit krenyes-kreyes. Enak juga!

pasarapungmalang3

1 porsi nasi + pepes + lento/menjeng + urap + lodeh tempe dijual dengan harga 15rb. Murah meriah mengenyangkan.

dtopeng1

Museum D’topeng yang terletak di dalam Pasar Apung Nusantara ini baru dibuka tahun 2014. Walau tempatnya tidak terlalu besar, tapi isi koleksinya sangat banyak. Penataan koleksinya juga apik dan informatif.

dtopeng2

Dari mulai aneka kain batik dan tenun, wayang, alat masak, peralatan makan, keris, dan pastinya yang sesuai dengan nama museum … di sini terdapat 2rb-an topeng. Semua koleksi diperoleh pemilik museum dari seluruh penjuru Indonesia.

dtopeng3

Anak-anak juga sempat menyaksikan alunan musik keroncong yang dimainkan oleh sekelompok orangtua lanjut usia, sambil menunggu hujan mereda di luar sana.

Saya senang ada pihak yang berinisiatif untuk mengumpulkan aneka benda yang mencerminkan budaya asli bangsa Indonesia seperti ini.┬áBisa dibilang museum D’topeng ini miniatur dari Museum Gajah yang terletak di Jakarta.

Semoga museum D’topeng┬áselalu terawat dan bertambah jumlahnya, supaya pengunjung yang datang bisa menambah wawasan tentang Indonesia.

Share this...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

3 thoughts on “Museum Topeng & Pasar Apung Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *