Jadi Lebih Baik di Bulan Ramadhan

Jadi Lebih Baik di Bulan Ramadhan

Seperti tahun sebelumnya, alhamdulillah di komplek rumah saya selalu dibanjiri kegiatan yang menarik selama bulan Ramadhan. Dari mulai kegiatan orangtua, remaja, anak-anak, bahkan sampai petugas kebersihan dan penjaga lingkungan komplek pun dilibatkan.

Jajaran panitia masih sama seperti tahun sebelumnya. Dengan kekompakan yang semakin solid, kegiatan yang dilakukan pun makin lebih beragam dan terorganisir lebih baik.

Dari mulai BBM (Bersama Bersihkan Masjid), BARBEKU (Berbagi Barang Bekas Berkualitas) untuk para petugas kebersihan komplek dan asisten rumah tangga, KABITA (Kamping Bina Iman dan Takwa), KISAH (Kajian Siroh Anak Saifillah), Buka Puasa Bersama, Sholat Tarawih bersama Imam dari Palestina sampai dengan Bazaar Ramadhan. Kumplit kan?

IMG_4086

Alhamdulillah selalu ada cerita seru yang mengalir dari mulut anak-anak ketika sampai di rumah. Mereka sibuk menceritakan kegiatan di masjid yang diikuti setiap hari. Meskipun awal Ramadhan bertepatan dengan jadwal anak-anak mengikuti Ujian Kenaikan Kelas di sekolah, mereka berusaha membagi waktu antara belajar dan persiapan ujian dengan kegiatan beribadah Ramadhan.

Di keluarga suami, sang adik memacu anak-anak untuk bisa khatam Quran di bulan Ramadhan ini. Anak-anak saya dan sepupunya yang di bulan lain hanya terbiasa membaca 1-2 lembar Quran setiap hari, sekarang jadi terpacu untuk bisa membaca 10 lembar karena Ayah (panggilan anak-anak kepada suami adik) mengiming-imingi hadiah uang tunai dengan nilai yang cukup besar bagi anak yang berhasil khatam Quran.

Untuk urusan dapur, tahun ini menjadi tahun kedua saya mempersiapkan kebutuhan Ramadhan seorang diri. Ternyata selama ada kemauan, kita bisa kok mengerjakan urusan rumah sendirian. Hanya memang kita jadi harus bangun lebih pagi untuk mempersiapkan masakan sahur. Biasanya saya sudah memotong sayuran atau meracik bumbu dari malam, sehingga saat sebelum sahur saya tinggal cemplang-cemplung sayuran dan bumbu ke dalam wajan.

Tak jarang saya melakukan jalan pintas dalam memasak. Seperti saat suami yang lahir di Surabaya meminta menu kesukaannya yaitu Tahu Telur khas Jawa Timur. Alih-alih menggunakan kacang tanah yang digoreng kemudian diulek, saya mengaku curang karena menggunakan selai kacang sebagai bahan pengganti.

Meski cinta kepada suami, saya tetap tak sudi ngulek kacang jam 3 dini hari hehehehe.

Penasaran bagaimana saya membuatnya?

IMG_4083

Tahu Telor Khas Surabaya

Bahan Tahu Telor:

  • 2 buah tahu kuning (ukuran sedang) dipotong dadu kecil
  • 3 butir telur ayam
  • Sejumput lada + garam + penyedap

Bahan Saus Kacang:

  • 2 sdm Kecap Manis Indofood
  • 1 sdm selai kacang (lebih enak yang chunky / ada remah kacang)
  • 1/4 sdt bawang putih bubuk atau 1 sdt bawang putih goreng
  • Sejumput lada + garam + penyedap

Sayuran:

  • Tauge / Lettuce / Wortel Parut

Cara membuat:

  • Kocok telur menggunakan garpu
  • Masukan lada + garam + penyedap sambil terus dikocok
  • Masukan tahu
  • Goreng dalam wajan dengan sedikit minyak, seperti memasak telur dadar
  • Angkat ketika sudah kecoklatan
  • Untuk saus: campur semua bahan, tambahkan 1 sdm air jika dirasa terlalu kental
  • Cara menyajikan : letakan tahu telor di piring, taruh sayuran diatasnya kemudian siram saus

Mudah kan?

Ijinkan saya menuliskan kembali status seorang teman di sosmed:

Jika makanan lebih MEWAH,

Jika PENGELUARAN rumah tangga lebih BANYAK dari biasa,

Jika harga-harga NAIK akibat KONSUMSI naik,

Maka TANYALAH pada diri,

Apakah SHAUM ini untuk kemuliaan PERUT atau JIWA?

Apa yang kita dapatkan dari Ramadhan ini …

selain memindahkan lapar dan dahaga?

Ihsan Baihaqi Ibnu Bukhari

Semoga kita bisa lebih mendekatkan diri dengan Sang Pencipta dengan memperbaiki kualitas dan kuantitas ibadah selama bulan Ramadhan ini.

Semoga pribadi kita pun bisa #JadiLebihBaik setelah Ramadhan berakhir.

Aktivitas Fisik

Aktivitas Fisik

Saya tercengang ketika mengetahui hasil Riskesdas 2013 kalau angka Penyakit Tidak Menular (PTM) meningkat tajam dan menjadi penyebab kematian terbesar di Indonesia. Mau tau penyakit apa aja? Hipertensi, obesitas, stroke, diabetes, jantung koroner dan gagal ginjal.

Penyebab penyakit-penyakit itu kebanyakan karena gaya hidup gak sehat aja sih. Salah satunya karena kurang Aktivitas Fisik dan pola makan tidak seimbang. Alasan klasiknya karena kesibukan yang padat, orang-orang sekarang jadi kurang mengalokasikan waktu untuk olahraga.

Selain sibuk, kemajuan teknologi juga nih yang menjadi penyebab aktivitas fisik menurun. Cuma gerakin jempol di smartphone, gak gerakin anggota tubuh yang lain. Lift juga membuat kita malas naik tangga, ojek juga bikin malas jalan. Gitu gak sih?

IMG_4109

Kementrian Kesehatan RI mengajak blogger untuk ikut mendukung Gerakan Masyarakat “Rutin Aktivitas Fisik”, dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional 2017. Kami hadir untuk mendengarkan paparan beberapa narasumber, antara lain dr. Lily Sulistyowati, dr. Michael Triangto, Sp.KO, Yomi Wardhana (co-founder IndoRunners).

Rutin beraktivitas fisik akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh kita. Diantaranya adalah mencegah penyakit, meningkatkan stamina, menguatkan dan menyehatkan, meningkatkan fleksibilitas, menjaga berat badan,s erta meningkatkan kualitas hidup kita.

Untuk dapat hasil yang maksimal, Aktivitas Fisik harus dilakukan dengan Baik, Benar, Terukur dan Teratur (BBTT):

  • BAIK: aktivitas fisiknya sesuai dengan kondisi tubuh kita, lokasi aman, dan pakaian yang dikenakan nyaman.
  • BENAR: dilakukan secara bertahap, ada pemanasan … kemudian latihan inti … ditutup dengan pendinginan dan peregangan.
  • TERUKUR: intensitas dan waktu latihan selalu diukur.
  • TERATUR: dilakukan 3-5x seminggu dengan selang waktu istirahat.

Untuk kita yang pemula, bisa melakukan aktivitas fisik berupa jalan cepat selama 10 menit. Selanjutnya durasi ditingkatkan secara bertahap setiap latihan. Kalau durasi jalan cepat sudah mencapai 30 menit, aktivitas fisik bisa diganti dengan bersepeda, berenang atau senam. Saat puasa, aktitivas fisik ini bisa kita lakukan setelah sholat tarawih.

IMG_4105

Sebenarnya banyak kok kegiatan sederhana harian yang bisa menjadi aktivitas fisik. Bisa dilakukan di dalam rumah, di tempat kerja, di tempat umum ataupun di perjalanan. Misalnya berkebun, membersihkan halaman rumah, bermain bersama anak, memilih pakai tangga daripada lift, ikut senam bersama di kantor, memilih jalan kaki daripada naik ojek, berhenti 1-2 halte bus sebelum tempat yang dituju, atau parkir di tempat yang agak jauh supaya kita bisa berjalan kaki ke lokasi yang dituju. Lalu kurangi deh berbaring atau duduk dalam waktu lama, seperti nonton TV, main video game atau duduk lama di depan komputer.

IMG_4104

RPTRA Taman Kenanga – Cideng yang saya datangi minggu lalu ini bisa dimanfaatkan untuk aktivitas fisik loh. Sambil menemani anak-anak bermain, ibunya bisa jogging keliling taman atau main tenis di lapangan. Atau mungkin patungan dengan tetangga untuk membayar guru senam panggilan. Kebayang kalau senam / line dance dengan ibu-ibu seRT di lapangan itu, pasti seru banget deh!

Lakukan juga gaya hidup sehat melaui gerakan CERDIK yang diinisiasikan oleh Kementrian Kesehatan RI:

  • Cek kesehatan berkala
  • Enyahkan asap rokok
  • Rajin aktivitas fisik
  • Diet seimbang
  • Istirahat Cukup
  • Kelola stress

Yuk kita rutin melakukan aktifitas fisik, supaya keluarga terhindar dari penyakit tidak menular!

Manajemen Kebersihan Menstruasi

Manajemen Kebersihan Menstruasi

Hari Rabu 31 Mei 2017, saya memenuhi undangan Kementrian Kesehatan yang bekerja sama dengan PT. Mundipharma untuk sosialisasi tentang Hari Kebersihan dan Kesehatan Menstruasi.

IMG_3851

Alhamdulillah mulai tahun 2017 ini pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 28 Mei sebagai Hari Kebersihan dan Kesehatan Menstruasi yang dicanangkan Kementrian Kesehatan yang disebut juga sebagai #RedDaysHygiene

Hari ini diperingati untuk mengingatkan kembali pada semua wanita akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan area wanita terutama saat menstruasi.

Kenapa tiap 28 Mei?

Karena siklus perubahan hormonal perempuan itu terjadi setiap 28 hari, dan rata-rata perempuan mengalami menstruasi selama 5 hari.

Jadi gampang diingat kan tuh 28-05 nya.

IMG_3855

Acara ini menghadirkan 3 narasumber:

  1. dr. Eni Gustina, MPH selaku Direktur Kesehatan Keluarga, Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
  2. dr. Botefilia Budiman, SpOG KFER selaku perwakilan dari Persatuan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI)
  3. Andi Prabowo selaku Manager Consumer Helath Mundipharma Indonesia

IMG_3857

Sebagai ibu dari anak perempuan yang saat ini berusia 10 tahun, saya menyimak dan mencatat detil pemaparan yang disampaikan oleh para nara sumber. Fayra sudah memasuki usia anak perempuan yang sebentar lagi akan mengalami menstruasi atau haid sebagai proses normal biologis. Jadi saya merasa harus menjadi orang pertama yang mengajarkan Fayra tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi, meskipun pendidikan tentang seks dan akil baliq juga diajarkan di sekolah juga pengajian Fayra.

Tentang Haid

Haid itu meluruhkan kotoran dari dalam rahim. Jadi bersyukurlah kita sebagai wanita kalau masih merasakan haid, karena artinya rahim kita sedang dibersihkan secara alami.

Haid normal:

  • Terjadi setiap 1x tiap bulan
  • Interval dalam waktu 21-35 hari sampai haid berikutnya
  • Lama setiap haid adalah 3-7 hari
  • Volume darah berkisar 25-60 mL

Hasil riset Burnet Institute tahun 2015 terhadap 1.159 murid perempuan di Indonesia menemukan bahwa:

  • 67% anak perempuan di kota dan 41% anak perempuan di desa, mengganti pembalut setiap 4-8 jam sekali. Sisanya mengganti pembalut kurang dari 2x sehari
  • Hanya 1 dari 2 anak perempuan yang mencuci tangan sesudah dan sebelum mengganti pembalut
  • Hanya 63% responden mengerti mengenai Manajemen Kebersihan Menstruasi, saat haid pertama terjadi. Sebagian lainnya tidak mengerti apa yang harus dilakukan.
  • 1 dari 6 anak perempuan di Indonesia terpaksa tidak masuk sekolah saat haid karena cemas, malu dan takut diejek teman.

‪Mitos haid yang salah:

  • Tidak boleh potong rambut + kuku selama haid
  • Minum soda biar haid keluar lancar
  • Pembalut ditumpuk supaya tidak tembus
  • Tidak boleh melakukan aktifitas fisik selama haid
  • Ada beberapa makanan yang harus dihindari selama haid
  • dan banyak lagi yang lainnya.

Tips saat haid:

  • Tidak perlu sabun vagina
  • Lupakan panty parfume
  • Pakai celana dalam yang terbuat dari bahan katun
  • Cuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut
  • Ganti pembalut setiap 2-4x sehari
  • Membasuh area intim dari depan ke belakang dan dikeringkan dengan baik

Pada saat haid, jumlah bakteri buruk di daerah intim kewanitaan bertambah karena meningginya tingkat keasaman pH yang terkait dengan darah yang dikeluarkan. Dengan kondisi ini, kemungkinan adanya kontaminasi bakteri dan jamur menjadi semakin tinggi.

Selain jumlah bakteri buruk yang bertambah, saat haid, lendir pembatas di leher rahim menghilang sehingga bakteri yang berada di daerah bagina bawah dan mengakses daerah leher rahim. Karena itu lah, dalam Islam dilarang berhubungan intim ketika wanita sedang haid.

Infeksi pada area kewanitaan yang berulang dapat menyebabkan infeksi panggul, infeksi saluran kencing, infertilitas, kanker serviks, kerusakan sistem imun tubuh, dan infeksi menyeluruh.

Faktanya, 7 dari 10 wanita pernah mengalami keputihan yang disebabkan oleh area kewanitaan yang tidak terjaga kebersihannya. Dan kanker serviks saat ini sudah menjadi penyebab kematian wanita Indonesia no 2, mengalahkan kanker payudara.

Jadi kapan boleh pake Betadine antiseptik kewanitaan?

Saat ada keluhan gatal, perih, iritasi ringan, bau tak sedap dan keputihan.

Kandungan Povidone – lodine dalam Betadine, menjaga flora vagina normal tetap ada saat bekerja menurunkan infeksi hingga batas minimum.

Cara pakai antiseptik kewanitaan:

  • Tuang 1 tutup botol (+ 8ml) Betadine
  • Campur dengan + 1 liter air bersih
  • Basuhkan pada area kewanitaan
  • Diamkan selama + 1 menit
  • Bilas kembali dengan air bersih

IMG_3856

Yuk kita bantu pemerintah untuk share info Manajemen Kebersihan Menstruasi supaya semua orang mengerti tentang haid dan paham bahwa perempuan harus tau cara pakai pembalut yang bersih, berhak memiliki akses ke toilet, air dan sabun untuk membersihkan diri dalam kondisi nyaman dan privasi terjaga.

Kita harus membekali diri dengan informasi yang tepat terkait mentruasi dan mampu menjelaskannya pada sang anak, juga perlu memberikan bimbingan kepada anak laki-laki bahwa menstruasi adalah wajar bagi perempuan bukan bahan ejekan.

#MenstruasiBukanTabu

Jalan-jalan ke Taipei Tanpa Ribet dengan Paket Wisata Taipei dari Traveloka

Jalan-jalan ke Taipei Tanpa Ribet dengan Paket Wisata Taipei dari Traveloka

taipeitravel1

sumber foto: nomadisbeautiful.com

Taipei merupakan ibu kota dari Negara Taiwan yang telah dikenal menjadi Republik Tiongkok. Bagi kamu yang menyukai berwisata sejarah, Taipei menyuguhkan beragam kuil serta monumen yang bisa dikunjungi.

Tak hanya itu, kamu yang hobi berbelanja, atau sekadar berjalan-jalan untuk menikmati keindahan alam, kamu pun bisa melakukannya di sini. Jika kamu akan mengunjungi kota ini, alangkah baiknya memilih paket wisata Taipei yang ditawarkan Traveloka.

Menggunakan paket wista dari Traveloka adalah pilihan yang tepat karena kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah. Tak percaya cek saja liburan murah ke Taipei di Traveloka.

Untuk datang ke Taipei, kamu harus membuat visa terlebih dahulu, karena negara ini tidak membebaskan visa untuk Warga Negara Indonesia (WNI). Cara membuat visanya pun sangat mudah. Kamu bisa mendownload formulir via online di web resmi ROC, lalu isi formulir tersebut selengkap-lengkapnya. Jika kamu tidak memiliki kenalan di Taiwan atau Taipei, isi kolom responden dengan nama hotel tempat kamu menginap. Jika kamu membeli paket perjalanan dari Traveloka, maka tiket dan hotel sudah termasuk dan kamu akan lebih mudah mengisi formulir ini.

taipeitravel2

sumber foto: willflyforfood.net

Jika seluruh formulir telah diisi dengan lengkap, silahkan klik submit. Dan print formulir tersebut untuk dibawa ke kantor kedutaan Taiwan, beberapa persyaratan yang harus kamu bawa saat mengajukan visa antara lain:

  • Formulir pengajuan visa yang telah kamu print dan diisi secara online
  • Paspor asli dengan berlaku tidak kurang dari 6 bulan dari tanggal kepergian
  • Foto berwarna ukuran 4×6, 2 lembar dengan latar belakang putih
  • Surat keterangan kerja dari perusahaan
  • Fotokopi rekening koran selama 3 bulan terakhir
  • Kartu Keluarga

Setelah visa selesai, satu hal lagi selain hotel yang perlu kamu pikirkan adalah itinerary yang lengkap. Karena, dengan itinerary yang lengkap kamu bisa menentukan kemana kamu pergi dan menggunakan transportasi apa. Jika kamu berencana menggunakan TRA dan THSR, lebih baik kamu memesannya secara online sebelum hari keberangkatan.

taipeitravel3

sumber foto: trainoftheweek.blogspot.com

Hal ini untuk mencegah kamu yang akan kehabisan tiket dan tempat duduk. Karena, ada kemungkinan kamu kehabisan dan harus berdiri dalam gerbong khusus yang tidak di reservasi terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga bisa menghemat, karena membeli tiket secara online, akan mendapatkan diskon 5% untuk TRA, dan 35% untuk THSR.

Setelah itu, kamu bisa menikmati liburan di Taipei dengan nyaman. Paket wista Taipei yang ditawarkan Traveloka memungkinkan kamu untuk bebas memilih tempat wisata yang diinginkan. Seperti yang saya lakukan tahun 2010 lalu yaitu mengunjungi Menara Taipei 101. Seperti namanya, menara ini memiliki 101 lantai. Untuk melihat kota Taipei dari atas, kamu bisa melihat dari lantai 91 di atas ketinggian 509 meter. Gedung ini juga pernah memecahkan rekor sebagai lift tercepat di dunia.

taipeitravel4

sumber foto: wikipedia.org

Pergi ke Taipei tanpa mengunjungi kuil-kuilnya akan terasa kurang lengkap. Salah satu kuil yang wajib kamu datangi adalah Longshan Temple. Kuil ini tak hanya ramai dikunjungi orang-orang untuk berdoa, namun tapi juga banyak wisatawan yang datang untuk sekadar menikmati keindahan arsitektur dan ornament-ornamennya. Banyak pula pengunjung yang datang untuk berfoto dan mengabadikan kuil tersebut.

Kuil lain yang bisa kamu kunjungi adalah Martyr Shrine, atau Kuil Para Martir. Kuil ini dibangun untuk menghargai semua rakyat Taiwan yang telah berjuang dalam perang. Kuil yang didirikan pada tahun 1969 ini terletak di atas Gunung Chingsan. Karena letaknya yang berada diatas gunung, tentu saja kamu bisa dengan sepuasnya menikmati pemandangan alam yang memukau dan melihat indahnya aliran Sungai Keelung yang tenang.

Hanya Sebagian, Bukan Semuanya

Hanya Sebagian, Bukan Semuanya

Saya mau sharing catatan dari apa yang disampaikan Ust. Syahroni Mardani beberapa waktu lalu ya:

– Qiyamullail pada sebagian malam
– Menjaga sebagian pandangan
– Menjaga sebagian suara
– Memakan dari sebagian yang halal
– Berinfak sedekah zakat dan wasiat dengan sebagian harta

Isilah perutmu dengan:
1/3 untuk makanan
1/3 untuk minuman
1/3 untuk bernafas

Sesungguhnya seorang mukmin makan hanya dengan 1 lambung dan orang kafir makan dengan 7 lambung.

IMG_3749

Zakat itu 2,5% atau 5% atau 10%
Berwasiat itu tak boleh lebih dari 1/3 harta

Sesungguhnya 1/3 harta itu sudah banyak, sudah besar. Engkau tinggalkan ahli waris dalam kondisi kaya, maka itu lebih baik daripada meninggalkan mereka dalam kondisi miskin dan meminta-minta

Sebagian manusia itu jahat, tapi yang baik masih ada.

Manusia ada yang begitu, tapi ada juga yang begini. Mari kita bijaksana.

Selamat berhari Minggu, jangan lupa bahagia